Tampilkan di aplikasi

Climate Smart Agriculture mengubah wajah pertanian Kota Udang

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4003
16 Agustus 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4003

Program Climate Smart Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (Simurp).

Sinar Tani
Cirebon menjadi salah satu sentra produksi padi nasional. Berkat sumbangan produksi dari Kota Udang tersebut, Provinsi Jawa Barat kini menempati nomor dua sebagai produsen padi nasional. Wajah pertanian di kabupetan yang berada di pesisir Jawa Barat ini sedikit demi sedikit mulai berubah dengan adanya program Climate Smart Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (Simurp).

Program tersebut digadang-gadang menjadi salah satu jawaban terhadap satu jawaban terhadap kondisi el Nino yang terjadi saat ini.

Bahkan Bank Dunia memberikan apresiasi terhadap program tersebut karena dapat menurunkan efek gas rumah kaca hingga 30 persen. Lembaga dunia itu pun merekomendasikan agar program tersebut dapat diaplikasikan negaranegara lain.

Program CSA Simurp di Indonesia bakal berakhir tahun 2024. Namun Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menegaskan, meski nanti program Simurp telah selesai, pihaknya siap melanjutkan program-program yang ada, terutama pertanian cerdas iklim. Bahkan Pemkab Cirebon telah berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi pangan berkelanjutan. Apalagi jumlah penduduk Cirebon terus meningkat.

”Saya mengapresiasi kegiatan panen program CSA Simurp ini, karena mampu meningkatkan produksi dan produktivitas padi,” katanya. Namun demikian dirinya berharap, karena banyak petani yang tidak paham dengan ilmu pertanian dan hanya menjalankan kebiasaan pendahulunya dan sulit berubah, Imron meminta peran penyuluh untuk mengubah prilaku petani.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI