Tampilkan di aplikasi

Antisipasi dampak El Nino, Bulog percepat impor beras

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4003
16 Agustus 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4003

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Mokhamad Suyamto.

Sinar Tani
Mengantisipasi risiko dampak perubahan iklim El Nino, Perum Bulog melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Sesuai penugasan yang diberikan pemerintah, Bulog terus melakukan penyerapan gabah/beras dalam negeri secara maksimal dan percepatan realisasi importasi beras.

Namun dengan mulai turunnya produksi gabah/beras dalam negeri pada semester II dibanding semester I, potensi penyerapan dalam negeri di semester II akan lebih rendah dari semester I. Untuk itu upaya pemenuhan kebutuhan stok cadangan beras pemerintah memang harus segera dipenuhi dari sumber lain yaitu importasi beras sesuai yang sudah diputuskan pemerintah.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Mokhamad Suyamto di Jakarta pada Jum’at (11/8) menegaskan, Perum Bulog telah melakukan upaya mitigasi dengan menyerap gabah/ beras hasil petani dalam negeri sebanyak-banyaknya. Realisasi tahun ini sampai 10 Agustus 2023 sudah mencapai 780 ribu ton. Disamping itu BULOG juga melakukan percepatan realisasi impor sesuai penugasan yang diberikan oleh Pemerintah.

“Selain memaksimalkan penyerapan produksi dalam negeri, kami juga berkoordinasi secara intens dengan negara pengimpor untuk percepatan kedatangan beras impor ini ke Indonesia dan saat ini sudah terealisasi sebanyak 1,6 juta ton,” kata Suyamto.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI