Tampilkan di aplikasi

Teknologi ttu netral

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4004
23 Agustus 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4004

BSIP

Sinar Tani
Bak ungkapan bijak, Politik membangun tembok penghalang untuk menghadang, sedangkan Bisnis membangun jembatan untuk berhubungan. Itulah yang terjadi ketika kita melakukan kegiatan bisnis dengan pihak yang tidak mempunyai kesamaan pandangan, hubungan resmi baik antar negara, antar tetangga maupun antar kelompok. Bukankah anak petinggi partai yang saling bersebrangan bisa saling jatuh cinta. Atau tetangga yang berselisih paham jadi kikuk melihat anak-anaknya ceria bermain bersama?

Teknologi berkembang, berlari dan berkejaran di negara-negara yang berbeda aliran dan prinsip. Walaupun tidak bekerjasama secara formal, tetapi mereka saling mengintip dan mencuri teknologi dari saingan dengan segala cara. Kalau tiba saatnya teknologi itu tersedia di pasar, bisa dibeli, pasti yang bersaing akan saling berusaha memiliki. Bukan semata-mata karena mereka membutuhkan, tetapi untuk dipelajari dan kalau perlu ditiru dan dikembangkan.

Contohnya irigasi. Mesir Kuno telah mengenal irigasi dengan memanfaatkan Sungai Nil. Di Indonesia, irigasi tradisional telah juga berlangsung sejak nenek moyang kita. Hal ini dapat dilihat juga cara bercocok tanam pada masa kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Kini irigasi dibangun dengan menggunakan tenaga ahli dari negara-negara yang berhasil mengembangkan irigasi. Transfer of technology.

Irigasi di Indonesia terkenal karena terkait dengan kultur masyarakat. Warisan budaya irigasi orisinal yang sudah cukup tua adalah irigasi Subak di Bali dan kelembagaan irigasiirigasi kecil di Jawa semacam Mitra Cai dan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air).
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI