Tampilkan di aplikasi

Perjalanan panjang menembus waktu

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4004
23 Agustus 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4004

Sinar Tani

Sinar Tani
Tanggal 29 Agustus 1970 menjadi hari bersejarah bagi Tabloid Sinar Tani. Pada tanggal tersebut, Departemen Pertanian mendirikan sebuah media massa sebagai penyambung lidah pemerintah dengan para penyuluh di penjuru Tanah Air.

Tanggal 29 Agustus 2023, Tabloid Sinar Tani telah menginjak usia ke-53 tahun. Ibarat manusia, setengah abad adalah usia yang matang dalam mengarungi perjalanan panjang kehidupan. Suka-duka, susah dan senang, serta berbagai aral rintangan telah dilalui Sinar Tani.

Di tengah era digitalisasi ketika banyak media massa harus menutup media cetaknya, Tabloid Sinar Tani cetak tetap bertahan. Dengan perkembangan zaman, Tabloid Sinar Tani pun harus mampu menyesuaikan diri. Di era digitalisasi saat ini, Tabloid Sinar Tani pun mengembangkan edisi digital, baik dalam bentuk website maupun e-paper. Bahkan kini juga penyebaran informasi melalui media sosial, termasuk pengembangan Youtube SINTATV.

Kebijakan Pemerintah Orde Baru
Menengok perjalanan panjang, kehadiran Tabloid Sinar Tani memang tidak lepas dari kebijakan pemerintah Orde Baru yang menetapkan sektor pertanian sebagai sentra pembangunan nasional. Saat itu pemerintahan Soeharto meluncurkan Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) I tahun 1969.

Sebagai Menteri Pertanian Kabinet Pembangunan I, Prof. Dr. Ir. Toyib Hadiwijaya, Sekretaris Jenderal, Drs. Mashud Wisnusaputra sangat menyadari amanah dalam Repelita itu sangat besar. Apalagi untuk membangun pertanian banyak menghadapi tantangan yang tak ringan. Bukan hanya persoalan sarana produksi, tapi juga kualitas sumberdaya manusia.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI