Tampilkan di aplikasi

Ubah gaya hidup untuk meredam perubahan iklim

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4005
7 September 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4005

Petani

Sinar Tani
Ternyata kita sangat rentan. Kenaikan suhu rata-rata 2 derajat Celcius saja dapat menghancurkan ekosistem global yang berakhir buruk pada kehidupan manusia. Gaya hidup penyebabnya dan gaya hidup pula solusinya.

Menurut data yang dikumpulkan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), badan penelitian iklim pemerintah Amerika Serikat, permukaan laut telah naik hampir 25 sentimeter dalam 140 tahun terakhir. Sekitar sepertiga dari peningkatan itu terjadi hanya dalam 25 tahun terakhir saja.

Menurut Lynas, bila temperatur Bumi naik 2 derajat Celcius, akan terjadi kekeringan parah, kekurangan air, kenaikan suhu air laut dan berbagai bencana yang memporakporandakan kehidupan manusia. Oleh karena itu, Kesepakatan dalam Perjanjian Paris meminta semua negara untuk menjaga suhu tidak naik lebih dari 1,5 derajat Celcius.

Dunia perlu mengambil langkah tegas, segera, dan skala besar untuk mengurangi emisi. Hal ini harus dilakukan agar suhu ratarata global tidak melewati ambang batas pemanasan 1,5 derajat Celsius dalam waktu 20 tahun. Kenaikan 1,5 derajat Celsius umumnya dipandang sebagai yang paling bisa diatasi umat manusia, tanpa menderita pergolakan ekonomi dan sosial yang meluas.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI