Tampilkan di aplikasi

Tingkatkan daya saing, petani UPLAND dilatih manajemen korporasi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4005
7 September 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4005

UPLAND Project

Sinar Tani
Kelembagaan petani memiliki titik strategis (entry point) dalam menggerakkan sistem agribisnis di pedesaan. Banyak sumberdaya pedesaan yang dapat dikelola dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan posisi tawar petani atau kelompok tani di Indonesia.

Dalam rangka merealisasikan target tujuan UPLAND Project Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan kelembagaan bagi para petani di Indonesia. Para petani yang tergabung dalam kelembagaan tersebut dapat bernaung di bawah program tersebut untuk memasarkan produk mereka ke pasar internasional atau ekspor.

Direktur Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementan, Ali Jamil mengatakan, program ini dijalankan dalam rangka peningkatan rantai nilai produk pertanian. Kementan melalui UPLAND Project telah menyelenggarakan pelatihan terkait manajemen ekspor bagi korporasi pertanian yang ada di lokasi UPLAND Project.

Urgensi dibentuknya kelembagaan petani ini karena beberapa faktor. Diantaranya, masih minimnya wawasan dan pengetahuan petani terhadap masalah manajemen produksi maupun jaringan pemasaran. Selain itu, para petani di Indonesia belum banyak terlibat secara utuh para petani dalam kegiatan agribisnis, aktivitas pertanian juga masih terfokus pada kegiatan produksi (on farm).
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI