Tampilkan di aplikasi

Dampak El Nino bagi lingkungan dan petani

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4007
20 September 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4007

Kekeringan

Sinar Tani
Dalam sebuah laporan terbaru, BRIN merilis prediksi yang mengejutkan: El Nino diperkirakan akan berlanjut hingga pertengahan tahun 2024. Hal ini menimbulkan pertanyaan besar, Apa dampaknya bagi cuaca dan lingkungan kita?

Eddy Hermawan, Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengungkapkan kabar mengejutkan. El Nino diperkirakan akan terus berlangsung hingga pertengahan tahun 2024 dengan mencapai nilai di bawah 0,5 derajat Celcius sekitar Mei 2024.

El Nino adalah fenomena global yang melanda banyak negara di sepanjang garis ekuator, termasuk Indonesia. El Nino disebabkan kenaikan suhu permukaan air Dalam sebuah laporan terbaru, BRIN merilis prediksi yang mengejutkan: El Nino diperkirakan akan berlanjut hingga pertengahan tahun 2024.

Hal ini menimbulkan pertanyaan besar, Apa dampaknya bagi cuaca dan lingkungan kita? di Samudera Pasifik, khususnya di bagian tengahnya. Suhu laut tersebut mulai naik perlahan sejak Mei 2023 dan mencapai puncaknya pada November atau Desember 2023. Bahkan diperkirakan El Nino akan mencapai puncaknya Mei 2024.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI