Tampilkan di aplikasi

Kok tega, pagu anggaran pertanian terus menurun?

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4007
20 September 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4007

Bantuan pangan

Sinar Tani
Lewat wawancaranya di televisi, anggota Komisi 4 DPR RI, Daniel Djohan menyatakan politik anggaran Pemerintah untuk sektor pertanian dari tahun ke tahun terus menurun.

Pertanyaannya adalah mengapa hal ini dapat terjadi ? Ada apa sebetulnya dengan dunia pertanian di negeri kita ? Betulkah dengan menurunnya anggaran seolah-olah menjadi ukuran lemahnya keberpihakan Pemerintah terhadap sektor pertanian? Suasana yang demikian, tentu saja banyak melahirkan pertanyaan dari berbagai kalangan.

Bukankah akan lebih masuk akal, bila anggaran untuk pertanian, baik APBN atau APBD itu ditingkatkan jumlahnya secara signifikan? Terlebih dengan adanya pengakuan banyak pihak terkait dengan keperkasaan pertanian dalam menghadapi bencana kemanusiaan yang kita alami selama ini ? Ketika Covid 19 menyergap misalnya, hampir semua sektor utama pembangunan, mengalami pertumbuhan negatif. Namun, sektor pertanian tetap mampu tumbuh positif.

Beberapa orang penentu kebijakan malah menyebut sektor pertanian merupakan penyelamat perjalanan ekonomi bangsa. Sektor pertanian menjadi bantalan ekonomi bangsa, guna menjawab sergapan Covid 19.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI