Tampilkan di aplikasi

Mengenal lebih dekat tembakau Temanggung

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4014
8 November 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4014

Tembakau Temanggung

Sinar Tani
Kwalitas tembakau Temanggung memang sudah dikenal luas. Dengan citarasa yang khas, tidak heran bila tembakau dari Temanggung didapuk sebagai yang terbaik. Seperti apa tembakau Temanggung? Yuk mengenal lebih dekat!

Jika sempat berkunjung ke pedesaan Temanggung, terutama pada bulan Agustus – September, maka kita akan menikmati suasana asri, seperti berlayar di atas lautan tembakau. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memang pantas dijuluki sebagai “Negeri Tembakau“ karena merupakan sentra penghasil tembakau.

Pada tahun 2021 tercatat luas areal tanaman tembakau adalah 15.443,88 ha atau 31 persen dari luas areal tembakau se Jawa Tengah yang luasnya 50.201,28 ha. Sisanya tersebar di 26 Kabupaten Jawa Tengah lainnya.

Ada yang membedakan tembakau Temanggung dengan daerah lainnya. Tembakau Temanggung memiliki cita rasa yang khas, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku rokok kretek, rokok filter dan pemberi rasa pada rokok dan sebagai aroma.

Melihat sejarah tembakau Temanggung, sebenarnya budidaya tanaman tersebut di Temanggung sudah berjalan ratusan tahun. Bahkan diperkirakan sejak zaman kolonial Belanda, mungkin ketika awal-awal tanaman tembakau masuk ke pulau Jawa.

Saat itu Temanggung bukan hanya menjadi area penanaman tembakau terluas, tapi juga menjadi pusat pengembangan, pengolahan, dan pemasaran tembakau di wilayah eks Karesidenan Kedu. Karenanya tak heran hingga kini julukan Kota Tembakau melekat pada Kabupaten Temanggung.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI