Tampilkan di aplikasi

Komitmen membela kaum tani

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4020
27 Desember 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4020

Welcome Tahun 2024

Sinar Tani
Arti komitmen sebenarnya sangat luas. Secara definisi, istilah ini menggambarkan suatu pengabdian atau perjanjian pada diri seseorang terhadap suatu hal dalam jangka waktu yang lama.

Dalam kaitannya dengan membela kaum tani, maka makna komitmen menjadi kata kunci untuk newujudkannya. Semangat membela kaum tani, harus diawali oleh komitmen yang kuat. Komitmen harus tertanam dan melekat kuat dalam nurani kita bersama. Tanpa komitmen, upaya membela kaum tani, tak ubahnya hanya sekedar wacana belaka.

Komitmen bersifat universal. Kaum tani saat ini, memang masih butuh pembelaan, terutama dalam membebaskan diri mereka dari perangkap kemiskinan yang menjeratnya. Ini berarti, betapa kelirunya, jika Pemerintah tidak memberi penanganan serius dalam memerangi kemiskinan kaum tani di Tanah Merdeka.

Sebelum lahirnya Undang Undang No. 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, selama 68 tahun Indonesia Merdeka, ternyata belum ada satu pun regulasi sekelas Undang Undang yang melakukan perlindungan dan pembelaan terhadap kaum tani. Kita tidak tahu dengan pasti, mengapa Pemerintah terkesan lambat melahirkan regulasi semacam ini.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI