Tampilkan di aplikasi

Poktan Javaglonema, raup rezeki dari sri rezeki

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4020
27 Desember 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4020

Taruna Tani Javaglonema Milenial

Sinar Tani
Tanaman hias aglaonema atau dikenal sebagai Sri Rezeki ternyata membawa rezeki bagi milenial yang tergabung dalam Kelompok Tani Taruna Tani Javaglonema Milenial di Dusun Paten, Yogyakarta.

Mengembangkan hampir 13 jenis aglaonema, lokasi pengembangan menjadi destinasi wisata di Kota Gudeg tersebut. Tanaman hias aglaonema telah menjadi fenomena tersendiri di kalangan penggemar tanaman. Dikenal karena warna daunnya yang eksotik, tanaman tersebut tidak hanya sebagai hiasan indah di ruang dalam dan luar, namun juga diyakini membawa keberuntunga. Karena itu, tanaman hias daun ini kerap disebut Sri Rejeki.

Dengan potensi pasar menggiurkan, Kelompok Tani Taruna Tani Javaglonema Milenial di Dusun Paten, Yogyakarta, memanfaatkan peluang tersebut. Dengan 13 jenis aglaonema yang dikembangkan, mereka berupaya menjadikan Dusun Paten sebagai pusat tanaman aglaonema dan destinasi wisata yang unik.

Ketua Kelompok Tani Javaglonema Hanif menganggap peluang bisnis aglaonema yang digelutinya sangatlah menggiurkan. Saat ini dirinya mengembangkan 13 jenis aglaonema yaitu Suksom, Red Anjamani, Adelia, Tiara, Red Legacy, Dut White, Bidadari, Mahaseti, Red Chery, Red Exotic, Red Queen, Widuri, dan Pink Sunset. Omset penjualan Poktan Javaglonema pada tahun 2022 mencapai Rp 350 juta.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI