Tampilkan di aplikasi

Strategi kendalikan inflasi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4032
28 Maret 2024

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4032

Presiden Joko Widodo

Sinar Tani
Situasi tersebut yang pemerintah kini antisipasi. Apalagi kenaikan inflasi kini bukan hanya masalah yang dialami Indonesia, tapi juga seluruh dunia sebagai akibat kenaikan harga pangan dan energi. BPS mencatat Inflasi nasional pada Februari 2024 sebesar 2,75 persen (year on year), dengan kontribusi terbesar dari beras sebesar 0,67 persen.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi saat Rakor Nasional Pangan di Jakarta, beberapa waktu lalu mengatakan, berbagai upaya mengendalikan inflasi pangan melalui serangkaian langkah strategis. Diantaranya, menggencarkan Gerakan Pangan Murah (GPM) dan meningkatkan pengawasan terhadap pasokan pangan ke pasar tradisional dan ritel modern.

“Kami berharap seluruh pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota terus menggencarkan Gerakan Pangan Murah ini, karena ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam menyediakan pangan yang terjangkau dan sangat dibutuhkan.

Karena itu, GPM ini kita minta akan ditingkatkan eskalasinya pada Minggu ketiga bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran,” ujar Arief dalam Rakornas yang dihadiri oleh para Pj. Gubernur seluruh Indonesia.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI