Tampilkan di aplikasi

Uniknya Kopyor Cungap Merah

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4032
28 Maret 2024

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4032

Kopyor Cungap Merah

Sinar Tani
Dikenal karena dagingnya yang lembut dan beraroma khas, serta kualitasnya yang premium, kelapa Kopyor Cungap Merah telah memikat hati para pecinta kuliner. Kini kelapa yang berasal dari Purbalingga tersebut menjadi salah satu varietas unggul nasional.

Setelah melalui serangkaian penelitian yang panjang sejak tahun 2009 oleh Tim Peneliti CRC (Coconut Research Centre) Universitas Muhammadiyah Purwokerto berkola borasi dengan BBPPTP Surabaya, pada tahun 2022 Kelapa Kopyor Cungap Merah (KCM) akhirnya ditetapkan sebagai varietas unggul nasional. Proses ini menjadikan KCM sebagai salah satu tanaman dengan hasil produksi terbaik.

Seperti dikutip dari website Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian, eksplorasi awal dilakukan di Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Salah satu jenis unggul lokal yaitu kelapa cungap merah Purbalingga yang cukup menonjol karena memiliki karakteristik unik. Selain memiliki manfaat sebagai obat tradisional, KCM juga memiliki cita rasa yang khas dan warna mayang yang merah keunguan.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI