Tampilkan di aplikasi

Asa industri benih

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4035
19 April 2024

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4035

Benih Padi

Sinar Tani
Ketersediaan benih menjadi penting jika pemerintah ingin mamacu produksi pangan. Namun bagaimana menyiapkan benih, memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, benih bukan produk yang bisa dihasilkan dalam waktu cepat seperti barang buatan pabrik.

Karena itu, kalangan industri perbenihan berharap kepada pemerintah agar memberikan waktu cukup jika ada program pemerintah dalam penyediaan benih. Seperti diungkapkan Sekjen Asosiasi Benih Indonesia (Asbenindo), Nana Laksana Ranu.

Menurutnya, Asbenindo dan beberapa produsen benih diminta untuk mencari upaya dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas pangan, khususnya ketersediaan benih. industri benih sudah menyampaikan ke Dirjen Tanaman Pangan dan Irjen Kementerian Pertanian beberapa hal mengenai kondisi perbenihan dalam negeri. Pertama, para produsen benih saat ini mempunyai pasar bebas dan program pemerintah.

Untuk pasar bebas, produsen benih selalu mengevaluasi setiap tahun, sehingga bisa menyediakan benih untuk mendatang. “Jadi untuk pasar bebas tidak ada masalah karena sudah diantisipasi,” katanya.

Kemudian untuk program pemerintah, Nana mengatakan, permintaan benih sering datang tiba-tiba, sehingga produsen benih tidak mempersiapkan pasokan benih. Akhirnya, produsen benih menyisihkan sebagian dari yang untuk pasar bebas ke program pemerintah. “Kami sudah sampaikan untuk program pemerintah sebaiknya menginformasikan permintaan itu 6 bulan sebelumnya, sehingga produsen benih bisa mempersiapkan,” tuturnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI