Tampilkan di aplikasi

Waspadai flu burung dari sapi impor

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4035
19 April 2024

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4035

Pulang Mudik

Sinar Tani
Penyebaran flu burung tipe ganas (HPAI) terus terjadi di berbagai wilayah di dunia, bersamaan dengan penemuan kasus pada sapi, sehingga menimbulkan kekhawatiran di komunitas internasional.

Meskipun HPAI terutama menyerang unggas dan burung liar. Flu burung terkadang dapat menular ke mamalia, termasuk manusia. Dalam 2 tahun terakhir, dilaporkan adanya peningkatan jumlah kasus flu burung H5N1 pada hewan mamalia darat dan air.

Deteksi HPAI pada sapi perah yang dilaporkan barubaru ini di Amerika Serikat, yang menunjukkan tandatanda klinis seperti penurunan laktasi, berkurangnya nafsu makan, lesu, demam dan dehidrasi. Laporan itu menimbulkan kekhawatiran karena infeksi pada sapi dapat mengindikasikan peningkatan risiko virus H5N1 akibat beradaptasi lebih baik pada mamalia. Kemudian berpotensi menyebar ke manusia dan hewan ternak lainnya.

Penyelidikan awal sejauh ini mengungkapkan tidak ada adaptasi spesifik pada manusia atau mamalia. Terlepas dari itu, beberapa Tim Peneliti sedang meneliti lebih jauh terkait virulensi dan penularan virusvirus ini, termasuk pada ternak, dan juga menilai risiko penularan ke hewan dan manusia, yang saat ini masih dianggap sangat rendah.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI