Tampilkan di aplikasi

Melirik kembali Merauke sebagai lumbung pangan di Indonesia Timur

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4036
26 April 2024

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4036

Pertanian

Sinar Tani
Pemerintah kembali melirik Kabupaten Merauke, Papua sebagai salah satu lumbung pangan di Indonesia Timur. Dengan potensi lahan hamparan yang luas ketimbang wilayah Papua lainnya, wilayah paling timur nusantara ini memang telah beberapa kali pemerintah canangkan sebagai salah satu pemasok pangan. Sejauh mana peluangnya?

Masih inget program MIFEE (Merauke Integrated Farming and Eenergy Estate) saat Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono? Program yang diluncurkan tahun 2010 tersebut, ingin menjadikan Merauke sebagai lumbung pangan dan energi dengan menarik investor swasta, termasuk dari luar negeri. Program MIFEE saat itu merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) wilayah Indonesia Timur.

Meski mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah, khususnya dalam penyediaan lahan yang luasnya hampir 1,2 juta hektar (ha), namun akhirnya program tersebut terhenti di tengah jalan.

Selain persoalan tata ruang, kontra pembangunan MIFEE dari kalangan lembaga swadaya masyarakat karena masalah lingkungan dan adat juga membuat pemerintah ‘mengerem’ program menjadikan Merauke sebagai lumbung pangan dan energi.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI