Tampilkan di aplikasi

Oppo F1 Plus, raja swafoto kamera tinggi

Tabloid Sinyal - Edisi 249
4 Mei 2016

Tabloid Sinyal - Edisi 249

Dalam Benak Oppo, Kamera Selfie mustinya Beresolusi Tinggi Ketimbang Kamera Utama.

Sinyal
Dengan berani Oppo memproklamirkan F1 PLus sebagai “Selfi e Expert”. Jumawa? Tidak juga. Sebab, apa yang disebut sebagai “ahli” setidaknya siap menunjukkan kelas pada dua sisi; yaitu modul kamera sebagai perangkat keras dengan resolusi terbaik, kedua dukungan perangkat lunak yang bisa melebihi ekspektasi pengguna. F1 Plus seakan menunjukkan bahwa seri F1 (yang dirilis sebulan lalu) membawa kamera depan 8 MP seperti kurang ada apa-apanya alias masih setara dengan kebanyakan smartphone kelas high end umumnya. Di sisi lain, Oppo membuka “wacana” baru bahwa kamera depan –bagi sebagian orang khususnya penggemar swafoto- bisa saja hadir dengan resolusi lebih tinggi ketimbang kamera utama.

Bahkan pada seri berikutnya, R9 Plus, konsep F1 Plus dilanjutkan. Oppo mengubah paradigma. Aryo Medianto Media Engadgement Oppo Indonesia ketika bertandang ke markas SINYAL menunjukkan bukti. Foto-foto swafoto yang dicetak ukuran poster. Tidak pecah, detil, kontras, seperti sebuah foto yang dipotret dengan kamera digital SLR. (slim, full screen, sedikit curvie) sudah dikemas Oppo sejak R7. Tetapi baru kali ini, pabrikan asal Guangdong, Tiongkok ini mengubah panel bawah layar tidak lagi dengan tiga tombol (Back, Home, Menu). Sebuah layout yang masih digunakan pada F1.

Oppo menambahkan tombol Menu berbentuk oval yang juga bertugas sebagai sensor sidik jari. Ini untuk pertama kalinya. Tombol ini diapit oleh dua tombol (Back dan Menu). Soal layar itu yang berukuran diagonal 5,5 inci (sekitar 13,8 cm) boleh diacungi jempol. Sebab, Oppo bisa menekan bezel agar bagian depan sepenuhnya terisi panel. Tercatat layar mengisi 73 persen lebih space depan. Sisanya sebagai ruang untuk kamera depan yang tidak ditemani fl ash LED.
Tabloid Sinyal di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI