Tampilkan di aplikasi

Jangan lupa untuk berbagi

Majalah Swadaya - Edisi 176
18 September 2017

Majalah Swadaya - Edisi 176

Berbagi adalah sebuah proses memberikan apa yang kita punya.

Swadaya
Berbagi adalah sebuah proses memberikan apa yang kita punya. Memberi bisa dengan berbagi ilmu, pengetahuan, materi, dan lain sebagainya, dengan tujuan membantu memberikan keringanan bagi yang membutuhkan. Dalam istilah Islam kata berbagi biasa disebut dengan sedekah. Sedekah merupakan bukti kejujuran iman seseorang, karena identik dengan sikap pemurah dan suka memberi.

Orang yang bersedekah akan rela memberikan apa yang dimiliki serta mengikhlaskan apa yang mereka usahakan dengan tenaga dan waktunya. Sebenarnya, di balik proses memberi ada banyak manfaat yang didapatkan di antaranya keberkahan rezeki, ketentraman hati, menumbuhkan sikap dermawan, dan yang paling utama adalah mendapat banyak pahala.

Allah SWT berfirman, “Barangsiapa memberi pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan balasan pinjaman itu untuknya dan dia akan memperoleh pahala yang banyak” (QS. Al-Hadid [57]: 11) Banyak saudara- saudara kita yang membutuhkan bantuan. Dengan cara ini semoga kita dapat belajar memaknai arti hidup, bahwa hidup bukan untuk diri sendiri melainkan bermanfaat bagi orang lain, meskipun itu hal sederhana.

Selama kita mampu berbagi, meski hanya dengan sedikit menarik wajah dan bibir sehingga menciptakan sebuah senyuman yang indah dan manis kepada orang lain, mengapa tidak kita lakukan? “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu”! (HR. At-Tirmidzi).
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI