Tampilkan di aplikasi

Dendam, selingkuh, dan ingin cerai

Majalah Swadaya - Edisi 176
18 September 2017

Majalah Swadaya - Edisi 176

Kalau memang istri menginginkan sesuatu sebagai kompensasi, selama itu tidak bertentangan dengan ajaran agama, semisal ingin kuliah lagi, bolehlah diusahakan untuk dipenuhi.

Swadaya
Semoga Allah, Ar-Rahmân Ar-Rahîm memberi kita petunjuk dan kemampuan untuk selalu berada di jalan-Nya. Bapak yang baik, ada beberapa hal yang sangat layak untuk diperhatikan. Pertama, berzina termasuk perbuatan keji yang amat buruk lagi sangat dibenci Allah (QS Al-Isrâ[17]:32). Akibat yang ditimbulkannya pun sangat mengerikan.

Imam As-Suyuthi dalam Jamî’ul Kabîr menukilkan sebuah hadis, ”Wahai manusia, takutlah terhadap perbuatan zina, karena perbuatan ini akan mengakibatkan enam perkara; tiga di dunia dan tiga lagi di akhirat. Adapun perkara yang akan menimpa di dunia adalah (1) yudzhibul bahâ (hilangnya wibawa); (2) yûritsul faqra (mewariskan kefakiran); dan (3) yunqishul ’umra (mengurangi umur). Adapun tiga perkara yang akan menimpa di akhirat adalah (1) sukhtullâh (murka Allah); (2) sû’ul hisâb (hisab yang buruk), dan (3) adzabunnâr (siksa neraka).”

Maka, tiada jalan terbaik yang harus segera dilakukan, selagi masih ada waktu, kecuali segera bertobat. Sangat ideal apabila suami istri bisa bersama- sama bertobat. Kalau belum memungkinkan, lakukan sendiri terlebih dahulu. Ambil wudhu, lalu tunaikan salat tobat dua rakaat. Mohonlah ampun kepada Allah dengan penuh kesungguhan. Akui dosa yang pernah dilakukan. Menangislah di hadapan- Nya.

Perbanyak istighfar dan ikuti perbuatan buruk dengan banyak beramal saleh. Momentum ini harus menjadi awal dari berubahnya diri menjadi lebih baik, lebih dekat dengan Allah, lebih bersungguh- sungguh dalam belajar Islam. Boleh jadi, semua ketidaknyamanan dan masalah yang terus berlarut-larut, salah satu penyebabnya karena dosa-dosa yang belum ditobati, terkhusus dosa besar semacam zina.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI