Tampilkan di aplikasi

Pembangunan Dayah Daarul Mukarromah hampir selesai

Majalah Swadaya - Edisi 182
31 Oktober 2017

Majalah Swadaya - Edisi 182

Pembangunan Dayah (pesantren) Daarul Mukarromah di Gampung Tampui Kec. Trenggadeng Kab. Pidie Jaya Provinsi Aceh sudah 80% rampung (data per 2 Oktober 2017). Pembangunan meliputi ruang kegiatan belajar (madrasah), asrama, dan meunasah (mushala).

Swadaya
Dayah Daarul Mukarromah merupakan salah satu bangunan yang terdampak akibat gempa bumi pada 7 Desember 2016 lalu dan mulai dibangun kembali pada 2 Mei 2017. Dayah Daarul Mukarromah dibangun atas kerjasama Lembaga Amil Zakat Nasional DPU Daarut Tauhiid (DPU DT) dengan Yayasan DT Peduli.

Dayah Daarul Mukarromah sengaja dipilih untuk dibangun bedasarkan survey dan assessment oleh DPU DT dan Yayasan DT Peduli. “Proses assessment sampai peletakan batu pertama memakan waktu yang cukup lama karena membangun sarana fisik, sarana ibadah, sarana belajar memerlukan ketelitian dalam banyak hal,” kata Dadan Junaedi, Direktur Program DPU DT.

Menurutnya, salah satu ketelitian yang sangat perlu diperhatikan adalah keselamatan nyawa manusia yang mengisi bangunan tersebut. Dadan menjelaskan, bangunan harus dirancang kokoh, tahan gempa, dan lainnya. “Bangunan juga harus jelas kepemilikannya. Status tanah ini sendiri adalah wakaf dari pimpinan Dayah Daarul Mukarromah. Insya Allah, dayah bisa digunakan oleh santri dan jamaah pada November 2017, ” terang Dadan
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI