Tampilkan di aplikasi

Membentengi diri dari sihir

Majalah Swadaya - Edisi 181
31 Oktober 2017

Majalah Swadaya - Edisi 181

Janganlah menjadikan rumahrumah kalian layaknya kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al- Baqarah.” (HR Muslim)

Swadaya
Sihir dalam segala bentuknya, semisal pelet, guna-guna, tenung, atau lainnya adalah sesuatu yang nyata. Al-Quran sendiri mengungkapkan hal ini dalam sejumlah ayat, semisal dalam ayat-ayat yang berbicara tentang Harut dan Marut atau dalam kisahnya Nabi Sulaiman as.

Rasulullah saw. pun banyak memberi penjelasan tentang sihir, termasuk sihir yang bisa mencerai beraikan suami istri. Bahkan, kalau kita membaca sirah, Rasulullah saw. pernah disihir oleh orang-orang Yahudi di Madinah. Namun demikian, sebagai orang beriman yang punya Allah dan Rasulullah, kita jangan takut kepada sihir, apapun bentuk atau jenisnya.

Allah Ta’ala telah memberikan jaminan, “Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaan atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan setan hanyalah atas orang-orang yang menjadikannya sebagai pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.”(QS. an-Nahl [16]:99-100)

Maka, saran Teteh agar kita terjaga dari sihir, adalah: Perbanyak ibadah, khususnya shalat, sesungguhnya setan yang bekerja sama dengan manusia (dukun atau para pendengki) tidak akan bisa mencelakakan seorang hamba yang ikhlas tanpa izin Allah Ta’ala.

Bentengi diri dengan doa-doa dan ta’awwudz (yaitu ucapan audzubillâhiminasysyaithânirrajîm) serta zikir-zikir yang disyariatkan, seperti zikir pagi dan sore, zikir-zikir setelah shalat fardhu, zikir sebelum dan sesudah bangun tidur, doa ketika masuk dan keluar rumah, doa ketika naik kendaraan, doa ketika melihat orang yang mandapat musibah, serta zikir-zikir lainnya. Pastikan lisan kita basah dengan zikrullah.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI