Tampilkan di aplikasi

Masa muda berkarya

Majalah Swadaya - Edisi 186
27 Februari 2018

Majalah Swadaya - Edisi 186

Jadi, tidak mengherankan jika banyak tokoh-tokoh sejarah berhasil membuat beragam karya spektakuler saat mereka masih muda.

Swadaya
Ada banyak contohnya. Salah satu contoh terbaik adalah Rasulullah saw. Beliau merupakan sebaik-baik teladan. Masa mudanya tidak berlalu dengan sia-sia. Ketika muda diberi gelar al-Amin (orang yang jujur) oleh bangsa Arab. Rasullah pun terkenal memiliki akhlak mulia, rajin belajar dan bekerja, serta tangguh pantang mengeluh.

Terlahir sebagai anak yatim, kemudian saat kanak-kanak ditinggal wafat oleh ibu dan kakeknya, sama sekali tidak membuat Rasulullah putus asa menjalani hidup. Walau tinggal bersama pamannya, beliau bukanlah keponakan yang merepotkan.

Pantang baginya menjadi beban. Rasulullah dengan suka rela membantu sang paman bekerja menjemput rezeki yang halal, yakni dengan cara MASA BERKARYA menggembala domba dan berdagang. Ketika menginjak usia 24 tahun, Rasulullah mulai membawa barang dagangan milik saudagar kaya, Siti Khadijah.

Jika seseorang membawa barang dagangannya Siti Khadijah, berarti orang tersebut teruji akhlaknya. Karena Siti Khadijah tidak memberikan barang dagangannya kepada sembarang orang. Saat itu, Rasulullah dipercaya membawa barang dagangannya ke Syam.

Itulah kali pertama, beliau melakukan perjalanan ke luar negeri. Rasulullah saw tidak sendirian pergi ke Syam. Siti Khadijah meminta pegawai laki-lakinya yang bernama Maisaroh untuk turut serta dengan Rasulullah. Maisaroh pun menemukan banyak sekali kemuliaan akhlak Rasulullah.

Kesuksesan Rasulullah sebagai Pedagang Rasulullah saw berjualan dengan penuh semangat. Beliau menawarkan barang dagangan kepada calon pembeli. Jadi tidak menunggu, tapi aktif menawarkan. Rasulullah juga tidak menetapkan harga jual.

Rasulullah menyampaikan modalnya sekian, silakan pembeli mau memberi untung berapa kepadanya. Beliau juga memberikan service excelent kepada para pembeli. Tidak lama, barang dagangan pun habis dan untungnya besar.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI