Tampilkan di aplikasi

Belajar bersosial ala Ustaz Wijayanto

Majalah Swadaya - Edisi 186
27 Februari 2018

Majalah Swadaya - Edisi 186

Senin siang beberapa waktu lalu, hujan masih mengguyur kawasan Wirosaban, Umbulharjo, Yogyakarta dan sekitarnya. Tampak beberapa remaja lakilaki usia tanggung maupun dewasa hilir mudik memasuki masjid.

Swadaya
Saat memasuki pekarangan rumahnya, Ustaz Wijayanto tampak sibuk mengurus tanaman yang ditanam tepat di halaman depan rumahnya. Dengan ramah, Ustaz Wijayanto mempersilakan tim Swadaya duduk dan mencicipi teh hangat yang telah disediakan. “(kesibukan) saya tetap tiga, teaching, training, shooting sama ngasuh pondok saja, “kata Ustaz Wijayanto, mengawali percakapan sambil menyebutkan beberapa aktivitasnya hari itu.

Laki-laki kelahiran Solo, 27 Desember 1968 ini banyak dikenal masyarakat dari berbagai lapisan, terutama ibu-ibu majelis taklim. Selain mengisi berbagai kajian majelis taklim di berbagai saluran televisi dan masjid-masjid, ustaz Wijayanto juga kerap tampil di acara talk show di salah satu saluran televisi swasta. Logatnya yang khas, pembawaannnya yang tenang, dan ceramahnya yang mudah dicerna membuat Ustaz Wijayanto menjadi salah satu ustaz dikenal di negeri ini.

Dalam ceramah-ceramahnya, Ustaz Wijayanto mengedepankan mutu kemudian lucu, bukan sebaliknya. Tak jarang humor-humor cerdas dan menyentil pun dilontarkannya saat berceramah di majelis-majelis taklim maupun saat menjadi narasumber di televisi. Masa kecil dan remajanya ia habiskan di kota kelahirannya.

Semasa SD, Ustaz Wijayanto belajar agama di Majelis Tafsir Diniyah Solo. Ketika SMP dan SMA, ia belajar di Pondok Pesantren Al Islam. Sejak SMA, suami dari Ulaya Ahdiani ini sudah terbiasa tampil dan berbicara di depan umum. Ia pun kerap mengisi acara keagamaan di kampungnya dan mulai memenuhi undangan ceramah di berbagai tempat.

Setelah lulus SMA, Ustaz Wijayanto hijrah ke Yogyakarta dan meneruskan pendidikannya di dua perguruan tinggi berbeda. Ia mengambil Jurusan Antropologi di Universitas Gadjah Mada dan Tarbiyah di IAIN Sunan Kalijaga. Walau demikian, Ustaz Wijayanto tetap meninmba ilmu agama di tempat lain.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI