Tampilkan di aplikasi

Ramadhan waktunya...?

Majalah Swadaya - Edisi 188
3 Mei 2018

Majalah Swadaya - Edisi 188

SEORANG raja dikabarkan akan mendatangi dan tinggal sementara di suatu kampung serta mengunjungi kediaman warga-warganya

Swadaya
SEORANG raja dikabarkan akan mendatangi dan tinggal sementara di suatu kampung serta mengunjungi kediaman warga-warganya. Mendengar kabar tersebut, seluruh warga kampung tersebut mendadak heboh dan dengan segera kepala desa menginstruksikan seluruh warganya untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar raja merasa aman, nyaman, dan betah selama berada di desanya itu.

Sepekan menjelang kedatangan sang raja, seluruh warga disibukkan dengan membersihkan dan memperindah setiap sudut kampung. Sesampainya raja di kampung tersebut, seluruh warga menyambutnya dengan suka cita dan mempersembahkan yang terbaik buat raja yang sangat diagungkan itu. Dari mulai makanan terbaik, hadiah terbaik, sikap terbaik, pelayanan terbaik.

Pokoknya, selama raja tinggal di sana, segala sesuatunya dijamin dengan sangat baik. Apapun yang diinstruksikan atau hanya disarankan raja, seluruh warga menaati dan melaksanakan instruksi itu. Seluruh warga sangat hormat dan tunduk kepada raja.

Kisah sederhana tersebut hanyalah sebuah gambaran betapa manusia sangat menghormati seseorang atau sesuatu yang dianggap agung, terhormat, atau luar biasa. Jangankan seorang raja, bos atau atasan datang ke rumah saja, seluruh isi rumah akan disibukkan demi mempersembahkan yang terbaik buatnya.

Pertanyaannya, apakah sikap yang sama ditunjukkan pula saat Ramadhan tiba? Apakah Ramadhan yang datang kepada kita mendapat perlakuan sama bahkan melebihi tamu agung datang ke rumah kita?

Saat Ramadhan tiba, sudahkah kita memanfaatkannya dengan baik-baiknya yakni dengan mempersembahkan salat, tadarus, sedekah, dan amalan lainnya yang terbaik? Sungguh, berbahagia dan bersyukurlah bagi yang masih diberikan kesempatan kembali bersua dengan Ramadhan serta diberikan kemampuan menjalani Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Mengapa?
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI