Tampilkan di aplikasi

Wakaf sadar pendidikan

Majalah Swadaya - Edisi 191
9 Agustus 2018

Majalah Swadaya - Edisi 191

Sejak berdiri tahun 1990, Daarut Tauhiid terus memaksimalkan wakaf untuk berdakwah melalui lembaga pendidikan, baik formal maupun informal. Melalui Wakaf DT, sub unit lembaganya, DT bercita-cita melahirkan generasi ahli zikir, ahli pikir, dan ahli ikhtiar yang berlandaskan tauhid dan berakhlak mulia, dengan dukungan wakaf.

Swadaya
Untuk fasilitas pendidikan formal, gedung Sekolah TK Khas DT, SMA, SMP, dan SMK DTBS sebagian sudah berdiri di Eco Pesantren dan Gegerkalong Bandung. Asrama SMA dan SMP juga sudah dibangun di Eco Pesantren.

Adapun, untuk pendidkan informal, Rumah penghafal Quran di Gegerkalong dan Asrama Tahfiz di Cijangel juga sudah dibangun. Dari kedua bangunan sudah lahir puluhan penghafal Quran 30 juz dengan predikat mutqin.

Agus Kurniawan, Direktur Fundraising Wakaf DT mengatakan, pada 2018 ini, Wakaf DT memberikan peluang kepada masyarakat untuk ikut melahirkan generasi harapan itu melalui Program Sadar Pendidikan.

Dana wakaf yang terhimpun akan digunakan untuk pembangunan segala fasilitas pendidikan di DT. Saat ini, Wakaf DT sedang membangun gedung sekolah, ruang guru dan Asrama SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) dan Asrama Tahfiz di Eco Pesantren.

Di Serua, Asrama untuk santri Azkia Islamic School juga sedang dibangun. Dan di Batam, usai pembangunan Masjid DT Batam, gedung sekolah, asrama, dan fasilitas pendukung lainnya juga akan segera dibangun.

Wakaf Sadar Pendidikan ini ada dua pengertian. Pertama, ini kepanjangan dari Wakaf Sarana Dasar Pendidikan. Kedua, Sadar Pendidikan artinya melalui program ini masyarakat diberitahu bahwa wakaf ini bisa membangun pendidikan.

Dengan berwakaf Sadar Pendidikan, muwakif setidaknya memiliki dua keuntungan besar. Pertama, mereka ikut membangun peradaban masa depan karena ikut membangun pendidikan. Kedua, mereka akan mendapatkan pahala mengalir abadi, karena ilmu yang diajarkan kepada santri atau siswa yang belajar di aset wakaf yang dibangun akan terus diajarkan ke generasi selanjutnya.

Bagi masyarakat yang ingin menunaikan Wakaf Sadar Pendidikan, selain bisa langsung bersilaturahim ke Kantor Wakaf DT di Jalan Gegerkalong Girang No.67 Bandung, Wakaf juga bisa dilakukan dengan transfer melalui rekening Wakaf Sadar Pendidikan yakni Bank Mandiri; 13200 1009 5959 atas nama Yayasan DaarutTauhiid.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI