Tampilkan di aplikasi

Berkah dalam bersedekah

Majalah Swadaya - Edisi 198
27 Februari 2020

Majalah Swadaya - Edisi 198

Sedekah

Swadaya
Sedekah memberikan keuntungan bagi siapapun yang memiliki niat baik karena Allah SWT. Tidak hanya bagi si pemberi sedekah, mereka yang memberi informasi, atau ilmu pengetahuan tentang manfaat sedekah pun mendapatkan pahalanya.

Hal itu sesuai dengan janji Allah SWT dalam surat an-Nisa yang berbunyi, “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian di antara manusia.

Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”. (QS. an-Nisa ayat [114] : 4). Bagi orang yang bersedekah, bukan hanya keselamatan dan keberkahan hidup jaminannya, tapi juga kehormatan serta menjadi panutan dalam hidup bermasyarakat. Sebab, jika kita membiasakan diri untuk bersedekah, secara otomatis Allah akan menganugerahkan kita sifat dermawan.

Sungguh mulia bila kedermawanan bisa menjadi watak bahkan prilaku sehari-hari. Selain membawa keberuntungan, sifat kedermawanan juga memperlihatkan kredibilitas atau penilain orang lain terhadap diri. Layaknya menanam, bersedekah adalah benih kedermawanan yang dapat tumbuh dan mengakar pada diri.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI