Tampilkan di aplikasi

Raih pahala dengan sedekah Quran

Majalah Swadaya - Edisi 199
28 Februari 2020

Majalah Swadaya - Edisi 199

Membaca Quran

Swadaya
Surah al-Baqarah [2] ayat 261 menyebutkan, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan 70 tangkai, pada setiap tangkainya terdapat 100 biji.

Allah melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” Sedekah walaupun kecil nilainya, tapi bila ikhlas melakukannya, insya Allah sangat ber harga di mata Allah SWT.

Orang yang pelit dan kikir terhadap hartanya, dan tidak pernah menyedekahkan hartanya walaupun hanya sebagian, maka merugilah mereka di dunia maupun di akhirat, karena tidak ada keberkahan dalam hartanya.

Padahal, bersedekah itu sangat penting bagi kepentingan dirinya. Dengan menyedekahkan harta, akan menuai berkah. Sebaliknya, jika menahan (tidak mau sedekah), maka akan celaka. Sungguh salah besar apabila selama ini kita beranggapan sedekah hanyalah berupa uang.

Mengapa? Karena, sedekah bisa berupa apa saja. Seperti senyum, dan menyingkirkan batu atau duri di jalan.Sedekah juga dapat berupa barang. Contohnya menyedekahkan al-Quran untuk Rumah Tahfiz, atau pesantren-pesantren.

Sedekah Quran ini dapat menjadi kesempatan untuk sahabat semua meraih pahala, dan keberkahan dari Allah SWT, yang pahalanya terus mengalir, walau sahabat telah meninggal dunia. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Apabila manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak salih yang mendoakannya.” (HR Muslim)
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI