Tampilkan di aplikasi

Jadi manusia yang lebih baik

Majalah Swadaya - Edisi 201
27 Februari 2020

Majalah Swadaya - Edisi 201

Bersih bersih sekolah

Swadaya
Manusia diberikan potensi oleh Allah untuk mampu berbuat kebaikan atau sebaliknya. Allah berfirman dalam Surat As Syam [91] Ayat 8: “Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu kefasikan dan ketakwaannya”. Maksudnya, Allah menjelaskan kepadanya jalan kebaikan dan jalan keburukan.

Sehingga sungguh beruntung siapa yang mampu menumbuhkan kebaikan, dan san gat merugi yang terjerumus ke dalam ke- - maksiatan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk memulai kebaikan dan meninggalkan keburukan Ramadhan sebagai bulan perubahan.

Di bulan ini Allah menurunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelas antara yang haq dan batil. Sehingga Ramadhan seharusnya mampu menjadi titik awal perubahan. Titik awal perpindahan dari era jahiliyah atau era kebodohan, penuh kegelapan, menuju era peradaban yang penuh dengan cahaya serta kemuliaan.

Dalam konsep perubahan, sebelum mengubah orang lain apalagi mengubah dunia, jauh lebih penting mengubah diri sendiri terlebih dahulu, untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Berubah menjadi lebih baik di sini adalah menyadari kita sebagai manusia memiliki kesalahan dan berupaya untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari. Sehingga Bulan Ramadhan merupakan sarana yang tepat untuk kita mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI