Tampilkan di aplikasi

Biogas berdayakan warga desa

Majalah Swadaya - Edisi 204
27 Februari 2020

Majalah Swadaya - Edisi 204

Pelatihan pengolahan pupuk organik utama

Swadaya
Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhiid (DT) Peduli memiliki Program Desa Ternak Mandiri untuk memberdayakan para peternak kecil di pedesaan. Tujuannya ialah menyediakan lapangan kerja di pedesaan, meningkatkan wawasan dan keterampilan, serta menambah populasi jumlah ternak agar para peternaknya mandiri dan sejahtera.

Tidak hanya dititipi ternak untuk dikelola, ada program lanjutan yang dapat dikembangkan melalui teknologi tepat guna, yakni dengan memanfaatkan kotoran ternak menjadi biogas. Penerapan teknologi tersebut, selain dinilai dapat membentuk usaha ternak yang lebih ramah lingkungan, juga meningkatkan ekonomi produktif masyarakat desa.

Seperti terbentuknya usaha pupuk kompos dari slurry biogas, pengembangan pakan ikan, penghematan energi gas elpiji, penghematan pakan ternak melalui budidaya lemna Sp, peningkatan hasil pertanian, produksi pupuk kas-cing (kas cacing), dan ecovillage. Pada tahun 2018 lalu, pembangunan reaktor biogas mulai dilakukan.

Direktorat Program DT Peduli Pusat melaksanakan Pelatihan Pengolahan Pupuk Organik di Kampung Pabrik, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pesertanya sebanyak 23 orang, berasal dari beberapa desa di Kecamatan Pangalengan.

Output yang dihasilkan dari pelatihan ini agar warga desa yang mata pencahariannya dengan beternak dan bertani, dapat menghasilkan produk pupuk organik yang unggul. Baik itu dalam penerapannya pada pertanian maupun di pasaran. Produk tersebut diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat, sehingga tujuan pemberdayaan masyarakat dapat dicapai.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI