Tampilkan di aplikasi

Cerdaskan generasi bangsa dengan program baitul quran

Majalah Swadaya - Edisi 205
27 Februari 2020

Majalah Swadaya - Edisi 205

Generasi bangsa dengan program baitul quran

Swadaya
Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhiid (DT) Peduli memiliki Program Desa Ternak Mandiri untuk memberdayakan para peternak kecil di pedesaan. Tujuannya ialah menyediakan lapangan kerja di pedesaan, meningkatkan wawasan dan keterampilan, serta menambah populasi jumlah ternak agar para peternaknya mandiri dan sejahtera.

Salah satu cara yang dilakukan Daarut Tauhiid (DT) Peduli untuk membumikan al-Quran hingga ke pelosok negeri ialah dengan memiliki Program Beasiswa Baitul Quran (BQ). Program tersebut dibagi menjadi dua kategori. Pertama, program yang bekerja sama dengan BQ di Pesantren DT. Kedua, Program BQ yang dijalankan secara mandiri.

Program BQ yang dikerjasamakan dengan BQ di Pesantren DT, merupakan program dari DT Peduli Pusat yang pelaksanaannya dilakukan Pesantren DT. Peran DT Peduli sebagai lembaga yang mendukung anggaran kebutuhan santri, atau dalam pemenuhan kebutuhan operasional.

Mulai dari biaya makan santri, gaji untuk para musyrif (pendamping santri), hingga kebutuhan lainnya, hingga santri yang diberikan beasiswa itu lulus menempuh pendidikan di BQ. Sedangkan Program BQ yang dilaksanakan secara mandiri, diurus langsung cabang-cabang DT Peduli.

Mulai dari pelaksanaan pembelajaran, sampai pada pembiayaannya. Hingga saat ini, Program BQ sudah tesebar di delapan tempat. Tujuh di antaranya tersebar di wilayah Bandung Raya, seperti Cijanggel, Gegerkalong, Buah Batu, dan rumah-rumah yang diwakafkan untuk dijadikan asrama santri. Lalu, satu lagi terdapat di Kabupaten Garut. Mereka yang mendapat beasiswa program ini ialah santri yang kurang mampu dari sisi ekonomi tapi berprestasi.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI