Tampilkan di aplikasi

Agar tak ada lagi piring berlauk air

Majalah Swara Cinta - Edisi 79
15 September 2017

Majalah Swara Cinta - Edisi 79

“Nasi putih ini cukup disiram air putih saja tanpa sayur, tanpa daging, tanpa lauk apapun.”

Swara Cinta
Indonesia diberkahi kekayaan alam yang melimpah. Seharusnya, di usia 72 tahun kemerdekaannya, bangsa ini sudah jauh dari kekurangan dan kemiskinan. Dengan kekayaan alam yang melimpah, semestinya sandang, pangan, papan dan obat-obatan mudah didapatkan oleh siapa pun. Berbicara tentang kekayaan alam Indonesia, saya jadi teringat perjalanan beberapa waktu lalu.

Saya berkesempatan untuk jalan bareng tim Dompet Dhuafa mengunjungi Sumbawa dalam rangka quality control (QC) program Tebar Hewan Kurban. Gugusan pulau kecil, susu kuda liar, pacuan kuda, madu, rumah adat dari bambu adalah hal-hal sepintas yang terbersit dalam pikiran saya tentang Sumbawa. Wow! Saya membayangkan ini akan jadi perjalanan ekstrim bagi saya.

Kenapa? Karena ini adalah pengalaman pertama untuk mengetahui bagaimana QC hewan kurban, terlebih di pelosok nengeri nun jauh di sana. Walaupun sebelumnya saya pernah diberi rejeki Allah untuk bepergian ke beberapa pelosok negeri sebagai geoscientist, untuk melihat potensi migas, sebagai moeslimah traveler serta sebagai relawan mengajar .

Lebih dari itu, ada beberapa pertanyaan besar dalam hati dan pikiran saya tentang bagaimana peran aktif Dompet Dhuafa dalam mendukung kehidupan ekonomi masyarakat di sana. Khususnya berkaitan dengan pemberdayaan ternak sapi dan penyebaran hewan kurban dalam rangka menyambut Hari Raya Idul adha.

Alasan Dompet Dhuafa memilih tempat pemberdayaan dan mendistribusikan di tempat ini, serta bagaimana respon masyarakat di sana? Selain itu, karena kami berangkat pada tanggal 17 Agustus, Saya pun menjadi tambah penasaran, bagaimana suasana ‘Agustusan’ di sana? Apakah masyarakat sudah benar-benar merasakan kemerdekaan?
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI