Tampilkan di aplikasi

Bukan kurban biasa

Majalah Swara Cinta - Edisi 78
15 September 2017

Majalah Swara Cinta - Edisi 78

Meski hewan kurban yang disediakan Dompet Dhuafa dikelola peternak kecil di desa, bukan berarti hewannya tidak berkualitas.

Swara Cinta
Semburat mentari pagi secara perlahan meninggi di cakrawala. Kendati sang surya telah memancarkan sinarnya, pagi itu suasana Desa Cisitu, di Selatan Sukabumi Jawa Barat masih terasa sepi, sunyi dan senyap. Hanya aktivitas anak sekolah yang membuat suasana menjadi riuh sesaat. Di sisi lain tampak satu dua ibu rumah tangga sibuk menyapu pekarangan rumah.

Aktifitas warga justru terpusat di hamparan ilalang yang berjarak 4 kilometer dari desa. Di atas lahan milik PTPN VIII itu, belasan pria dewasa mengarit rumput. Setelah terkumpul 4 kuintal, baru lah desa mulai terlihat hidup berkat geliat peternak yang membagikan pakan ke kandang-kandang kambing di belakang rumah.

Selain diberikan rumput, kambingkambing tersebut juga diberikan pakan selingan berupa umbi kayu dan daun nangka guna memacu pertumbuhan daging. “Untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh setiap minggu kambing-kambing ini diberikan suplemen multivitamin dan dilakukan pengecekan kesehatan,” ujar Keji (56) sambil membagikan rumput segar kepada 8 ekor kambing peliharaannya.

Sejak 2 tahun terakhir Keji menjadi peternak mitra Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa. Bersama 13 peternak lainnya, ia diberi tanggung jawab untuk menggemukan 90 ekor kambing guna keperluan Hari Raya Kurban. Mereka tergabung dalam kelompok ternak yang dibina Kampung Ternak Nusantara (KTN) Dompet Dhuafa.

Urip Budiarto GM Resource Mobilization Dompet Dhuafa menuturkan program KTN dan THK merupakan ikhtiar Dompet Dhuafa dalam memberdayakan umat. Dompet Dhuafa ingin melihat Idul Adha tidak hanya dipenuhi oleh kegiatan berkurban semata, tetapi ibadah ini juga harus bisa menjadi upaya pemberdayaan sosial untuk meningkatkan perekonomian peternak.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI