Tampilkan di aplikasi

Dompet Dhuafa bantu korban kebakaran Baduy Luar

Majalah Swara Cinta - Edisi 76
15 September 2017

Majalah Swara Cinta - Edisi 76

Dompet Dhuafa menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran di kawasan Baduy Luar, Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak Banten.

Swara Cinta
Dompet Dhuafa menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran di kawasan Baduy Luar, Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak Banten. Insiden yang terjadi pada 23 Mei lalu itu menghanguskan sedikitnya 83 rumah dan 151 leuit. Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman mengatakan, setelah mendapatkan informasi kebakaran, tim Dompet Dhuafa langsung bergerak untuk menyalurkan bantuan.

“Untuk respon awal sehari setelah kejadian tim turun dengan membawa bantuan logistik, makanan, pakaian sambil asessment hal dasar yang masih dibutuhkan,” ujar Usman. Sumber kebakaran berasal dari salah satu tungku masak warga. Kabakaran ini membuat 362 jiwa atau 118 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Warga terdampak pun mengungsi dan membuat hunian sementara dari terpal dan bambu.

Untuk memenuhi kebutuhan makanan, warga bahu-membahu mengoperasikan dapur umum. Kebutuhan darurat yang dibutuhkan warga antara lain kebutuhan asupan makanan, peralatan rumah tangga, dan pakaian. Dompet Dhuafa juga akan membantu warga Baduy membangun leuit (rumah untuk menyimpan bahan pangan, khususnya padi). Namun demikian, untuk proses pembangunan akan diserahkan sepenuhnya kepada warga setempat. “Selain rumah, leuit menjadi kebutuhan jangka panjang mereka,” tambah Usman.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI