Tampilkan di aplikasi

Dr. Rosita Rival, senang praktik di medan bencana

Majalah Swara Cinta - Edisi 80
25 Oktober 2017

Majalah Swara Cinta - Edisi 80

Senang rasanya bila selalu merasakan suasana baru dan mengatur sesuatu yang kacau menjadi lebih teratur dan rapi, oleh karenanya saya lebih banyak terlibat di dalam dunia kebencanaan.

Swara Cinta
Matahari sangat terik di lokasi pengungsian Muslim Rohingya di Thangkhali Cox’s Bazar, Bangladesh. Antrian membanjiri tenda kesehatan milik Indonesia Humanitarian Alliance (IHA), Rabu (27/09/2017). Pasien yang antre terlihat payah. Beberapa di antaranya terbatuk-batuk, memegang perut seraya menahan nyeri. Dari beberapa tenaga medis yang bertugas, terlihat seorang dokter perempuan berjilbab dan berompi Hitam dengan logo Dompet Dhuafa dan IHA.

Ia sangat cekatan melayani ibu-ibu dan balita pengungsi muslim Rohingya. Ia adalah dr. Rosita Rivai, akrabnya dipanggil dr. Ochi. Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan 2002 ini sangat terenyuh melihat kondisi pengungsi Rohingya terutama ibu-ibu hamil dan menyusui. “Bukan apa-apa, karena situasi tempat mengungsi yang tidak bersahabat; tenda terbuat dari plastik yang bila hujan tiba tetap tidak bisa melindungi penghuninya.

Banjir dan berlumpur juga menjadi bagian penderitaan lain. Belum lagi perjuangan untuk sampai ke lokasi sekarang, lari di bawah berondongan peluru tentara Myanmar selama berhari-hari, melewati hutan, sawah dan tanpa makanan,” kisah dr. Ochi. Melihat kondisi dan mendengar cerita pengungsi tersebut, dr. Ochi mengaku benar-benar menjadi sentimentil. Dengan perasaan penuh iba ia berusaha memberikan layanan maksimal penuh cinta kepada para pengungsi tersebut.

Sebelum datang langsung ke Bangladesh untuk aksi kemanusiaan ini, dr. Ochi sudah mendengar kabar dari tim pertama Dompet Dhuafa yang dikirim ke Bangladesh tentang penderitaan para pengungsi. Namun setelah melihat langsung, justru ia merasa lebih pilu dan prihatin.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI