Tampilkan di aplikasi

Relawan dunia, bertindak pertama dan di mana-mana

Majalah Swara Cinta - Edisi 82
28 Desember 2017

Majalah Swara Cinta - Edisi 82

Hari Relawan Dunia ditetapkan PBB setiap tanggal 5 Desember.

Swara Cinta
Lembaga PBB menetapkan tanggal 5 Desember, sebagai Hari Relawan Dunia, dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi relawan dan organisasi untuk merayakan usaha mereka, berbagi nilai yang mereka amalkan, dan mempromosikan pekerjaan mereka.

Tiba –tiba foto seorang anak yang selamat dari timbunan reruntuhan gedung yang hancur karena serangan Rusia dan sekutunya ke Aleppo, menjadi viral di dunia maya setahun lalu. Foto itu diambil oleh salah seorang relawan bulan sabit merah di Suriah. Di sela upaya penyelamatan yang dilakukan, ia sempatkan mengambil foto anak yang kumal karena debu itu.

Anak tersebut adalah Omran Daqneesh, yang menjadi korban serangan udara pemerintah Suriah. Dia berhasil diselamatkan setelah terkubur reruntuhan gedung. “Dia mengalami shock yang ekstrem,” kata juru bicara Aleppo Media Center, seperti dikutip dari CNN, Jumat (19/8/2016) lalu.

Foto ini telah membuat netizen bersedih dan empati, misalnya saja di akun instagram @tvalhijrah114 yang mengatakan “Gambar ini mampu menjentik naluri kemanusiaan kita. Sedang kita berpayung redup di negeri tercinta, mereka masih mencari sehela nafas keamanan di negeri sendiri” tulisnya.

Itulah sekelumit kisah relawan yang turun memberi respon secepat mungkin berupaya menyelamatkan manusia dan menggugah dunia dengan laporannya. Melaui foto yang bercerita itu, bantuan pun mengalir ke warga Suriah yang teraniaya.

Mungkin karena melihat pengorbanan para relawan di mana-mana, maka Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tema Hari Relawan Internasional (IVD) 2017 dengan “Relawan Bertindak Pertama Kali dan Di Mana-Mana.”
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI