Tampilkan di aplikasi

Asuransi syariah bukan kegiatan jual beli

Majalah Swara Cinta - Edisi 89
8 Agustus 2018

Majalah Swara Cinta - Edisi 89

Masyarakat Indonesia belum familiar dengan istilah halal finance.

Swara Cinta
Masyarakat Indonesia belum familiar dengan istilah halal finance. Padahal bila negara berhasil mengembangkan industri halal finance seperti asuransi syariah, bukan tak mungkin umat islam dapat sejahtera sekaligus berhasil keluar dari jerat riba. Hal itu diungkapkan Advisor Asuransi Syariah Keluarga Indonesia ASYKI Agus Hariadi kepada Swara Cinta beberapa waktu lalu.

Agus mengakui sulitnya mengembangkan asuransi syariah di Indonesia tak terlepas dari pola pikir masyarakat yang belum berubah. Permasalahannya kata Agus ialah masyarakat Indonesia yang bila mendengar kata ‘syariah’ langsung berkonotasi menyeramkan, negative, ekstrim dan identik dengan garis keras.

Hal tersebut terbukti dari pertumbuhan industri halal finance tanah air yang masih ditempati halal food diposisi teratas diikuti dengan halal travel, halal kosmetik dan media Islamic finance diurutan ke empat. Sejatinya lanjut Agus asuransi syariah telah muncul di tanah air pada dekade 90 an atau sudah lebih dari 20 tahun ada di Indonesia.

Bila dilihat dari perkembangannya sudah saatnya asuransi syariah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat karena di lima tahun pertama adalah masa membangun awareness, lima tahun ke dua membuat halal finance sebagai gerakan sehingga bisa menjadi agenda penting di masa mendatang. “Periode sekarang harusnya sudah menjadi bagian dari gaya hidup,” ujar Agus.

Agus mengatakan minimnya pengetahuan masyarakat terhadap asuransi syariah juga berdampak signifikan terhadap pertumbuhan turunannya di tanah air. Meski asuransi syariah telah ada sejak 20 tahun lalu namun market sharenya masih berada di angka 5 persen.

“Tapi saya positif asuransi Syariah akan menjadi bagian dari gaya hidup halal masyarakat Indonesia. Ini didasari dari tumbuhnya gaya hidup halal di bidang-bidang lain. Meski masih kecil tapi ini peluang untuk dikembangkan,” ujar Agus.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI