Tampilkan di aplikasi

Kartini tangguh di medan bencana

Majalah Swara Cinta - Edisi 98
10 Juli 2019

Majalah Swara Cinta - Edisi 98

Relawan Dompet Dhuafa memberikan PFA kepada penyintas Gempa Lombok. / Foto : Doc. Dompet Dhuafa

Swara Cinta
Kartini tersebut salah satunya adalah Dr Rosita Rivai selaku GM Kesehatan Dompet Dhuafa. Kendati wanita yang akrab di sapa Ochi itu baru 2 bulan bergabung di Dompet Dhuafa, namun ia sanggup mengemban tanggung jawab untuk memberikan respon peyintas Rohingya di Banglades.

Tak hanya memberikan obat-obatan, di sana Ochi juga dituntut untuk bisa merancang program sebagai tindak lanjut respon bencana kemanusiaan. Ochi menuturkan selama di negri Bengal, seluruh pekerjaannya di awasi. Bila salah perhitungan nyawa adalah taruhanya. “Jadi kita sudah dijadwalkan oleh otoritas setemat harus kemana saja.

Pergerakan kita diawasi, harus disiplin dan cepat bergerak karena di sana ada tentara-tentara yang jaga,” ujar Ochi kepada SwaraCinta. Berkat sepak terjangnya membantu penyintas baik itu yang bersifat disaster atau isu kemanusiaan, kini berdiri Layanan Kesehatan Cuma-Cuma secara permanen di area bekas terdampak bencana seperti di Lombok.

“Itu salah satu contoh program keberlanjutannya,” terang Ochi Berjuang demi membantu sesama juga dilalui oleh Health Development Program Layanan Kesehatan Cuma- Cuma Rorotan Sari Bunga. Bidan kelahiran Jakarta 28 tahun silam itu mendapat kehormatan membantu penyintas bencana gizi butuk di Asmat, Papua. Bagi Bunga kendala terberat menjadi Bidan di daerah pedalaman bukan soal sarana umum tetapi akses komunikasi ke para penyintas yang terbatas.

“Warga Asmat tidak terlalu paham Bahasa Indonesia, terbata-bata,” ujar Bunga yang selama 1,5 bulan bergelut menangani bencana gizi buruk Asmat. Di sisi lain pola pikir penyintas yang masih sangat terbatas juga merupakan hambatan terberat saat Bunga ingin memberikan edukasi terkait penanganan gizi buruk. Menurutnya tak sedikit dari program yang digulirkan dianggap berbenturan dengan tradisi budaya mereka.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI