Tampilkan di aplikasi

Seperti mimpi terpilih jadi dai'yah ke luar negeri

Majalah Swara Cinta - Edisi 98
10 Juli 2019

Majalah Swara Cinta - Edisi 98

Tidak seperti biasa yang hanya mengirim Da’i laki-laki ke luar negeri, sejak tahun 2018 Dompet Dhuafa juga mengirim Da’iyah sebagai Ambassador.

Swara Cinta
Mulai tahun 2018, Dompet Dhuafa sudah membuka rekrutmen terbuka bagi Da'iyah yang berminat dikirim berdakwah ke luar negeri. Salah satu yang lulus menjadi Da'iyah Cordofa adalah Ustadzah Kuni Afifah Hasan, M.Hi., kelahiran Jombang tahun 1979. Ia akan ditempatkan berdakwah di Hongkong dan Macau, di Ramadhan 1440 H. Saat ini, Ustadzah ini berprofesi sebagai pengajar (guru) di Madrasah Ibtidaiyyah Mumtaza Islamic School, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan.

Awalnya Kuni Afifah Hasan, tahu ada rekrutmen Da'i Ambassador Dompet Dhuafa dari temannya. Kebetulan sekali teman ibu dari Hannah Syahida Rahmadina, 14 tahun dan Hasan Wirayuda Kesuma, 11 tahun ini, merupakan adik ipar dari Ustad Syarif yang Ramadhan 1439 H lalu, dikirim Dompet Dhuafa untuk berdakwah ke Jepang.

Langkah Kuni yang pertama ketika mendapat kabar itu, adalah membuka laman web dompetdhuafa.org. Setelah membuka laman resmi Dompet Dhuafa tersebut, Kuni agak kecewa karena dipersyaratannya semuanya hanya untuk laki-laki. Tapi setelah dikonfirmasi ke Dompet Dhuafa ternyata perempuan juga boleh.

Akhirnya Kuni bersemangat mengirim formulir tidak lama setelah pengumuman rekrutmen keluar, 24 Januari 2019. Ia bahagia, karena pada tahap awal persyaratan administrasi ia dinyatakan lolos. "Saya bersyukur sekali ketika lolos administrasi, karena memang kualifikasi yang dibutuhkan sangat berat, " kata Kuni mengisahkan awal ia mendaftar kepada Swara Cinta, Maret 2019 lalu.

Lolos pada tahap pertama, Kuni mengaku berkerja lebih keras untuk mempersiapkan diri menghadapai Ujian tahap kedua. "Setelah diumumkan hasil finalnya, alhamdulillah rasanya seperti mimpi dan bagi saya ini semata-mata karena rahmat Allah SWT. Dan semua itu atas doa keluarga, teman guru dan semua orang yg mengenal saya," ungkap Kuni senang.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI