Tampilkan di aplikasi

Geliat green horti saat ramadan

Majalah Swara Cinta - Edisi 99
10 Juli 2019

Majalah Swara Cinta - Edisi 99

Proses pengemasan cabai merah

Swara Cinta
Saat Ramadan tak hanya produk fashion yang mampu menggerakan roda ekonomi pasar. Tetapi juga ada komoditi perkebunan yang tingkat kelarisannya tak kalah hebat.

Menurut Ketua Paguyuban Sumber Jaya Tani Green Horti binaan Dompet Dhuafa. Maman Suherman menuturkan ketika bulan puasa tiba ada sejumlah jenis sayur mayur yang terus diburu konsumen.

Biasanya kata Maman sayur-sayuran tersebut sangat lekat dengan hidangan sahur dan berbuka seperti brokoli, bayam Jepang dan kacang merah.

Bila Ramadan tiba setidaknya terjadi peningkatan hingga 30 persen terhadap 3 jenis sayuran tersebut. Green Horti menanam lebih dari 10 jenis komoditi sayur mayur.

“kalau di rata-rata dari sini saja bisa terjadi peningkatan 25 kilogram,” jelas petani kebun asal Desa Sindang Jaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat itu.

Berkat mengedepankan model sayur sehat kini ada 15 penerima manfaat lainnya yang ikut merasakan kebahagiaan ketika Ramadan tiba.

Dari kenaikan penjualan tersebut setiap satu orang petani binaan bisa mengantongi Rp 1,5 juta dari setiap jenis sayuran yang ditanam.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI