Tampilkan di aplikasi

Sehat dengan air putih

Majalah Swara Cinta - Edisi 100
10 Juli 2019

Majalah Swara Cinta - Edisi 100

Air putih

Swara Cinta
Sekitar 60 persen dari tubuh manusia adalah air. Kekurangan air atau dehidrasi, akan menganggu sistem dalam tubuh. Keringat yang dikeluarkan tubuh, mengakibatkan tubuh kehilangan sekitar 64 ons air. Saat berolahraga, maka keringat keluar lebih banyak.

Sebagian besar tubuh kita terdiri atas cairan (air). Peran air penting bagi kehidupan dan semua makhluk hidup, yang tentu saja memberikan manfaat luar biasa. Manfaat yang luar biasa itulah, maka mengonsumsi air putih sangatlah baik dan menjadi kebutuhan. Bayangkan bagaimana sulitnya menahan haus, dibanding menahan lapar. Hal itu karena manusia memiliki cadangan makanan, yaitu lemak, namun tidak dengan air. Tanpa air, manusia tidak bisa bertahan.

Air dalam tubuh menjadi alat pengontrol suhu tubuh. Bahkan, bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan, sebenarnya tubuh juga sedang mempertahankan suhu intinya. Itu mengapa rajin minum air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh. Institute of Medicine menyebutkan, mengonsumsi air putih yang baik bagi setiap orang berbeda-beda per harinya. Secara umum, seseorang perlu setidaknya 13 gelas untuk laki-laki, dan 9 gelas untuk perempuan.

Hal tersebut juga sesuai dengan usia serta ukuran tubuhnya masing-masing. Mengonsumsi banyak air putih tak memberikan efek samping. Karena air putih tidak mengandung kalori, lemak, karbohidrat serta gula. Maka banyak khasiat yang akan dirasakan. Bahkan bagi yang menjalani diet, air putih cukup efektif memberi asupan bagi tubuh.

Institute of Medicine menyebutkan, mengonsumsi air putih yang baik bagi setiap orang berbeda-beda per harinya. Secara umum, seseorang perlu setidaknya 13 gelas untuk laki-laki, dan 9 gelas untuk perempuan. Hal tersebut juga sesuai dengan usia serta ukuran tubuhnya masing-masing.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI