Tampilkan di aplikasi

Setelah melewati jalan terjal

Majalah Swara Cinta - Edisi 102
22 Januari 2020

Majalah Swara Cinta - Edisi 102

Gempa mengguncang Halmahera Selatan, Tim respon Dompet Dhuafa berjibaku menghadapi jalan terjal dan jembatan putus untuk membantu penyintas.

Swara Cinta
Halmahera melalui tim respons bencana - Dompet Dhuafa Disaster Management Centre (DMC) bertolak dari Jakarta dan Sulawesi Selatan sejak Senin (15/7) membantu dan mengevakuasi korban gempa yang terjadi di wilayah Halmahera, lebih tepatnya Halmahera Selatan, Maluku Utara. Menurut data BNPB yang dirilis (20/7) pascagempa M 7,2 di Halmahera Selatan, sejumlah 1.176 rumah mengalami rusak berat (RB), 1.158 rusak sedang, sedangkan fasilitas umum 41 RB dan 43 lain rusak ringan.

Tercatat 8 orang meninggal, 39 orang luka berat dan 95 luka ringan. Sedangkan pengungsian, 51.647 orang tersebar di beberapa pos pengungsian. Direktur Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa Benny mengatakan Dompet Dhuafa menerjunkan tim DMC berjumlah tujuh orang berupaya mencapai titik lokasi melalui perjalanan laut dengan ketinggian ombak dua meter. Akses ke lokasi yang cukup terjal dan melewati beberapa jembatan putus menambah kesulitan tersendiri bagi tim menuju lokasi.

“Hingga sore ini Selasa (15/7) beberapa aktivis kemanusiaan Dompet Dhuafa yang telah merapat ke Halmahera Selatan melakukan layanan tanggap darurat dimulai dari assesment terdampak,” ucap Benny. Respon yang dilakukan Dompet Dhuafa lainnya yaitu kajian cepat risiko bencana dengan menentukan titiktitik pos Dompet Dhuafa dan menyisir daerah lokasi terdampak di beberapa wilayah yang terkena guncangan.

Demikian untuk segera mendapatkan informasi kebutuhan darurat. Dompet Dhuafa berhasil membuka pos hangat bagi para korban terdampak dan para relawan. Selain itu, kebutuhan darurat berhasil didistribusikkan seperti alas tidur, sembako, perlengkapan bayi, paket hygiene kit, pakaian layak pakai dan kebutuhan lainnya.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI