Tampilkan di aplikasi

Wakafaganza, peluang pahala sepanjang masa

Majalah Swara Cinta - Edisi 103
22 Januari 2020

Majalah Swara Cinta - Edisi 103

Harta yang dicari di dunia semua akan sirna, harta yang diwakafkanlah salah satunya yang akan terus mengalirkan pahala sepanjang masa.

Swara Cinta
Ingat cerita Ustad Abdul Somad (UAS) dalam sebuah ceramahnya. Ia mengisahkan, seorang laki-laki yang wafat dan meninggalkan harta, anak dan isteri. Di hari pertama sampai ketiga setelah meninggal, anggota keluarga masih kelihatan berduka. Di hari berikutnya, mereka mulai menyalakan televisi dan anggota keluarga mulai tertawa terkekeh-kekeh karena kelucuan dan banyolan acara yang ditonton. Mereka mulai melupakan anggota keluarga yang telah mati. Hari selanjutnya anggota keluarga itu pun mulai memperebutkan warisan yang ditinggalkan si mayit.

Begitulah gambaran harta dunia yang disayang dan diperjuangkan selama ini, kata UAS, belum tentu abadi menjadi penolong ketika menghadap ilahi. Ketika keluarga mulai melupakan yang mati dan mulai berebut warisan yang ditinggalkan, sementara Si Mati berteman sepi menghadapi peruntungan di depan malaikat Ilahi.

Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali dari 3 perkara, 1. sedekah jariyah, 2. ilmu yang bermanfaat, 3. anak shaleh yang mendoakan orang tuanya (H.R Muslim no. 1631).

Tidak akan berpindah, dua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi Robb-Nya, sampai dia ditanya tetang 4 perkara, di amana dia dapatkan hartanya dan di mana dia habiskan. (Hadits Shohih riwayat Tirmidzi dari Abi Barzah, lihat Shohih Jami’ Ash Shoghiir No.7300) Nah, sangat beruntunglah orang-orang yang tidak hanya memikirkan dunia saja, tapi juga memikirkan amal shaleh yang akan dibawanya menghadap ilahi nanti.

Salah satu amal shaleh yang dapat dijadikan bekal itu, adalah sedekah jariyah. Para ulama sepakat, wakaf termasuk dalam sedekah jariyah. Artinya, amalan wakaf akan mengalir sepanjang masa, selama aset wakaf itu dipergunakan oleh khalayak, meskipun peWakif sudah menjadi tulang belulang di alam kuburnya.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI