Tampilkan di aplikasi

Wakaf juga investasi

Majalah Swara Cinta - Edisi 104
22 Januari 2020

Majalah Swara Cinta - Edisi 104

Wakaf tak melulu seputar masjid, madrasah dan makam. Wakaf juga investasi.

Swara Cinta
Kini hadir wakaf investasi yang merupakan turunan dari wakaf produktif. Menurut General Manager Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa Bobby P. Manulang, wakaf investasi merupakan salah satu upaya menggunakan instrument keuangan di dalam penghimpunan wakaf dan wakaf investasi merupakan salah satu produk wakaf yang belum banyak diketahui nadzir.

Diterangkan Bobby, ada dua cara dalam skema wakaf investasi. Pertama dari aspek nadzir, di sini nadzir yang melakukan wakaf investasi dapat membeli instrument keuangan milik negara seperti surat utang negara, sukuk atau obligasi syariah yang sudah digaransi ke-syariah-annya oleh Dewan Syariah Nasional. Ketika nazir telah memiliki instrumen keuangan tersebut, nantinya pemerintah akan memberikan imbal hasil sebesar 7 sampai 8 persen.

” Bila kita membeli surat utang seharga Rp 1 miliar maka setiap tahun kita bakal dapat uang Rp 700 juta – 800 juta,” ujar Bobby kepada Swara Cinta. Bobby menambahkan, bila skema ini berlangsung selama 5 tahun maka nadzir berhasil menghimpun wakaf senilai Rp3,5 miliar. Di sisi lain nilai pokok wakaf sebesar Rp1 miliar tetap dapat dikembalikan.

Kemudian bila nadzir tak memiliki dana untuk membeli instrument keuangan wakaf investasi, nadzir dapat mengajak donatur atau calon wakif untuk berwakaf. Lalu dana yang terkumpul dapat digunakan untuk membeli instrumen wakaf investasi. Nanti nadzir akan memberikan opsi, apakah dana akan dikembalikan kepada wakif atau tetap digulirkan oleh nadzir.

“Mirip wakaf berjangka, tapi bila wakif tak menginginkan hartanya kembali, Dompet Dhuafa akan menggunakan seterusnya dan dalam lima tahun sekali wakif akan diberikan laporan aset,” terang Bobby.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI