Tampilkan di aplikasi

Lahan pemberdayaan di antara indahnya dieng

Majalah Swara Cinta - Edisi 105
22 Januari 2020

Majalah Swara Cinta - Edisi 105

Dieng dikenal dengan berbagai spot wisata, kawasan pemberdayaan pertanian juga tak kalah menarik untuk di kunjungi.

Swara Cinta
Dieng merupakan spot wisata yang berada pada dataran tinggi merupakan kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah. Dieng termasuk kedalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Lokasi wisata Dieng berada di ketinggian rata-rata sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari.

Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Secara administrasi, Wisata di Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng ("Dieng Wetan"), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah.

Bagi anda yang ingin menikmati wisata ke Dieng, kunjungilah Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Telaga Warna, Bukit Ratapan Angin, dan masih banyak tempat wisata menarik lainnya.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI