Tampilkan di aplikasi

Dompet Dhuafa Jatim dukung kebutuhan dakwah dai tunanetra

Majalah Swara Cinta - Edisi 120
18 Agustus 2021

Majalah Swara Cinta - Edisi 120

Dompet Dhuafa Jawa Timur (DD Jatim) mendukung kebutuhan dakwah para dai tunanetra

Swara Cinta
Berangkat dari banyaknya tunanetra yang sulit mengaji Al-Qur’an, Dompet Dhuafa Jawa Timur (DD Jatim) mendukung kebutuhan dakwah para dai tunanetra dalam menyebarluaskan ilmu mengaji Al-Qur’an Braille. Bersama Yayasan Urunan Kebaikan dan beberapa komunitas di Surabaya, Dompet Dhuafa Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Qur’an Braille untuk Guru Ngaji Tunanetra.

Gerakan tersebut berlangsung selama 4 hari, yaitu sejak 27-31 Maret 2021 di TPA Nurulhuda Surabaya. “Meskipun panca indera mereka tak sempurna, namun inshaAllah, Allah memuliakannya. Setelah empat hari belajar Al-Qur’an Braille, para tunanetra ini akan rutin belajar ngaji dengan dampingan satu musyrif yang tunanetra juga,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, Kholid Abdillah.

Sebanyak 20 orang yang berasal dari wilayah Surabaya dan Sidoarjo mengikuti pelatihan ini. Betapa bahagianya mereka ketika Tim Dompet Dhuafa Jawa Timur menjemput dan mengantar mereka pulang. “Mereka adalah orang pilihan. Mereka adalah orang istimewa dan layak diistimewakan,” kata Kholid.

Sementara, Budi, yang mewakili komunitas pendamping tunanetra di Surabaya, menyebutkan bahwa para tunanetra yang bisa mengerti Al-Qur’an Braille masih sedikit. Namun, mereka semangat dalam upaya ibadah tanpa merasa batasan tertentu.

“Jika yang tidak melihat punya semangat, semoga yang awas ikut lebih semangat, ya,” kata Budi, Sabtu (27/3/2021). Pelatihan Al-Qur’an Braille ini adalah awalan. Perjuangan bersama para dai tunanetra belumlah selesai sampai di sini.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI