Tampilkan di aplikasi

Buku Tanesa hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Anemia Remaja Putri dan Ibu Hamil: Pencegahan dan Penatalaksanaannya

1 Pembaca
Rp 75.000 27%
Rp 55.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 165.000 13%
Rp 47.667 /orang
Rp 143.000

5 Pembaca
Rp 275.000 20%
Rp 44.000 /orang
Rp 220.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Anemia merupakan suatu kondisi dimana kadar hemolgobin dalam sel darah merah dibawah nilai normal. Kadar hemoglobin normal remaja puteri usia ≥15 tahun adalah 12 g/dL. Sedangkan Kadar hemoglobin normal ibu hamil adalah 11 g/dL Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, perdarahan dan penghancuran sel darah merah lebih cepat dari waktu normal. Anemia remaja puteri dan ibu hamil dapat dicegah dengan meningkatkan asupan makanan sumber zat hesi, penambahan satu atau lebih zat gizi dalam pangan dan suplementasi zat besi melalui tablet tambah darah.

Buku ini dimulai dengan membahas tentang perkembangan anemia di dunia dan Indonesia, mengenal sel darah merah, pengetahuan tentang anemia secara umum, anemia remaja puteri, anemia ibu hamil, diet mencegah anemia, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan anemia.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Putri Mulia Sakti / Widya Pani / Siti Hadijah Batjo / Niluh Nita Silfia / Dwi Erma Kusumawati
Editor: Taqwin

Penerbit: Tanesa
ISBN: 9786235771816
Terbit: Februari 2024 , 104 Halaman










Ikhtisar

Anemia merupakan suatu kondisi dimana kadar hemolgobin dalam sel darah merah dibawah nilai normal. Kadar hemoglobin normal remaja puteri usia ≥15 tahun adalah 12 g/dL. Sedangkan Kadar hemoglobin normal ibu hamil adalah 11 g/dL Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, perdarahan dan penghancuran sel darah merah lebih cepat dari waktu normal. Anemia remaja puteri dan ibu hamil dapat dicegah dengan meningkatkan asupan makanan sumber zat hesi, penambahan satu atau lebih zat gizi dalam pangan dan suplementasi zat besi melalui tablet tambah darah.

Buku ini dimulai dengan membahas tentang perkembangan anemia di dunia dan Indonesia, mengenal sel darah merah, pengetahuan tentang anemia secara umum, anemia remaja puteri, anemia ibu hamil, diet mencegah anemia, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan anemia.

Pendahuluan / Prolog

Anemia Remaja Putri dan Ibu Hamil: Pencegahan dan Penatalaksanaannya
Masalah kesehatan masyarakat yang berpengaruh pada sepertiga penduduk dunia adalah anemia (Lopez et al., 2016). Anemia adalah pengurangan sel darah merah dalam ukuran dan jumlah dan indikator gizi buruk dan kesehatan yang buruk (Habtegiorgis et al., 2022). Anemia adalah komplikasi medis di mana jumlah dan ukuran sel darah merah, atau konsentrasi hemoglobin, berada di bawah nilai normal. Hal tersebut memiliki konsekuensi potensial yang akan merusak atau mengurangi kapasitas darah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh (Habib et al., 2020).

Penduduk dunia, 24,8% (1,62 miliar) mengalami anemia. Wanita hamil 41,8% dan wanita tidak hamil 30,2% mengalami anemia (WHO, 2008). Data data terbaru menunjukkan variasi prevalensi anemia remaja puteri dibeberapa negera Afrika dan Asia. Prevalensi anemia di ethiopia yang mengumpulkan data anemia remaja puteri dari tahun 1988 sampai dengan 2021 adalah 23,02% (Habtegiorgis et al., 2022). Di Yordania, prevalensi anemia remaja puteri dalam kategori ringan adalah 44,5% dan sedang 10% (Abu-Baker et al., 2021). Prevalensi anemia pada remaja putri di Pakistan adalah 47,9%, dimana 47,7% mengalami anemia ringan, 51,7% mengalami anemia sedang, dan 5,7% mengalami anemia berat.(Habib et al., 2020). Prevalensi Anemia secara keseluruhan di kalangan remaja putri di Malaysia 2021 usia 13-17 tahun yaitu 7,9%- 1 15,8% (Krishnan et al., 2021).

Penulis

Putri Mulia Sakti - Putri Mulia Sakti, M.Tr Keb, lahir di Tawaili tanggal 10 oktober 1990. Anak tunggal dari pasangan suami istri bapak Muh. Awal M dan ibu Noni jumpai. Menyelesaikan Pendidikan D3 kebidanan di Poltekkes Kemenkes Palu tahun 2011 kemudian mengabdi sebagai bidan pelaksana di Puskesmas Pantoloan dari tahun 2011-2014 selanjutnya melanjutkan studi D4 kebidanan di STIKes Mega Buana Palopo yang sekarang berubah bentuk menjadi Universitas Mega Buana dan lulusan tahun 2016. Selanjutnya melanjutkan Pendidikan Megister Terapan Kebidanan di STIKes Dharma Husada Bandung dan lulus tahun 2019. Lulus seleksi CPNS tahun 2019 formasi dosen pada Kementerian Kesehatan untuk penempatan Poltekkes Kemenkes Palu. Sekarang aktif sebagai dosen di Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Kebidanan prodi DIII Kebidanan Poso.
Widya Pani - Widya Pani, SKM,SST.,M.Kes. Lahir di Manado, 7 Januari 1972. Telah menyelesaikan DIII Kebidanan di Akbid Depkes Manado Tahun 2000, Lulus S1 Kesehatan Masyarakat di Universitas Muhamadiyah Palu tahun 2004, Lulus DIV Kebidanan Bidan Pendidik di Universitas Padjajaran Bandung tahun 2015 dan tahun 2013 menyelesaikan S2 Kesehatan Masyarakat (Kesehatan Reproduksi dan Keluarga) di Universitas Hasanudin Makasar. Sejak tahun 2004 mulai mengajar Asuhan Kebidanan II Persalinan, Asuhan Kebidanan III Nifas, Asuhan Kebidanan Komunitas dan Kesehatan Reproduksi dan KB di Poltekkes Kemenkes Palu. Telah mengikuti pelatihan Manajemen Laktasi, Asuhan Kebidanan Komplementer Yang Terintegrasi Budaya Lokal (Suku Kaili) tahun 2018.
Siti Hadijah Batjo - Siti Hadijah Batjo, SSiT., MPH lahir di Tumora 08 Juni 1975. Dari ayah bernama Hi Buchari Batjo dan Ibu HJ Rima Lantang (alm). Ia memiliki Suami bernama Kapten CPM Risdiyanto serta memiliki 1 orang Putra dan 2 orang Putri. Penulis bertempat tinggal di Jln Nuri Kelurahan Tanamodindi Kecamatan Mantikulore Kota Palu Sulawesi Tengah.
Telah menyelesaikan Pendidikan DIV Kebidananan tahun 2002 dan Magister of Public Health di di Universitas Gadjah Mada Tahun 2010. Karirnya dimulai sebagai guru bantu diakademi Kebidanan Palu tahun 2000 dan selanjutnya menjadi dosen Tetap di Poltekkes Kemenkes Palu (sampai Sekarang). Aktif dalam Organisasi IBI sekarang Ini mengemban tugas sebagai bendahara IBI Ranting Poltekkes Palu Periode 2018-2023. Aktif dalam Tridarma Perguruan Tinggi baik Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian masyarakat. Tahun 2023 sedang proses penyelesaian 2 penelitian Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi yaitu Pemberdayaan Pada Ibu Hamil Sebagai Upaya Strategis Terhadap Penurunan Komplikasi Selama Kehamilan Di Kabupaten Sigi sebagai Ketua Peneliti. Selanjutnya sebagai anggota pada Riset Kerjasama antar Perguruan Tinggi. Promosi Kesehatan Melalui Buku Saku Higiene Menstruasi Pada Situasi Bencana Meningkatkan Pengetahuan Remaja Putri Di Desa Bangga Sigi (Ketua) Selanjutnya melakukan publikasi 2022: The seven points of developmental care for preterm neonates: Nurses’ knowledge and attitudes in the NICU Room sebagai (Anggota).
Niluh Nita Silfia - Niluh Nita Silfia, SST.,M.Keb., lahir di Desa Tanalanto Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, 06 November 1981. Jenjang Pendidikan Diploma III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado lulus Tahun 2003, Pendidikan Diploma IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung lulus Tahun 2005, Pendidikan Magister Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung lulus Tahun 2016. Saat ini menjabat sebagai Dosen Tetap di Poltekkes Kemenkes Palu Jurusan Kebidanan Prodi D- III Kebidanan Palu. Beberapa buku yang sudah di terbitkan Konsep Kebidanan Disertai Pendokumentasian Manajemen Kebidanan Dalam SOAP (2013), Buku Ajar Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa Kebidanan (2020), Asuhan Kebidanan Komplementer (Pelengkap Asuhan Kebidanan Esensial) (2021), Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (ASI) (Tinjauan Melalui Emotional Demontration, Pengetahuan dan Sikap Ibu) (2021), Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Profesional (2021), Dokumentasi Kebidanan (2022).
Dwi Erma Kusumawati - Dwi Erma Kusumawati, Lahir di luwuk 11 April 1982. Memiliki suami bernama Muhammad Al Ikrar dan dikaruniai seorang Putra dan tiga Putri. Penulis berdomisili di Kota Palu Sulawesi Tengah. Telah menyelesaikan studi sarjana (2006) dan magister (2009) di Universitas Hasanuddin. Karirnya di mulai sebagai dosen tetap di Perguruan Tinggi Swasta dan pada tahun 2012 menjadi dosen PNS di Poltekkes Kemenkes Palu. Pangkat akademik sebagai lektor dan sekarang menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Gizi periode 2023-2026.

Daftar Isi

Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Bab 1  Perkembangan Anemia di Dunia
     A. Prevalensi Anemia di Dunia
     B. Prevalensi Anemia di Indonesia
     C. Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Remaja Putri
     Daftar Pustaka
Bab 2  Sel Darah Merah
     A. Struktur Sel Darah Merah
     B. Metabolisme Sel Darah Merah
     C. Daur Hidup Sel Darah Merah
     D. Hemoglobin
     E. Fungsi Hemoglobin
     Glosarium
     Daftar Pustaka
Bab 3 Anemia Secara Umum
     A. Definisi Anemia
     B. Penyebab Anemia
     C. Patofisiologi Anemia
     D. Klasifikasi Anemia
     E. Diagnosis Anemia
     F. Jenis-Jenis Anemia
     Daftar Pustaka
Bab 4 Anemia Remaja Putri
     A. Definisi Anemia Remaja Putri
     B. Penyebab Anemia Remaja Putri
     C. Pathofisiologi
     D. Pencegahan dan Penatalaksanaan Anemia Remaja Puteri
Bab 5 Anemia Kehamilan
     A. Pengertian
     B. Tanda dan Gejala
     C. Penyebab
     D. Patofisiologi
     E. Diagnosis dan Klasifikasi
     F. Infeksi
     G. Pencegahan dan Penanganan
     Daftar Pustaka
Bab 6 Diet Mencegah Anemia
     A. Protein
     B. Zat Besi
     C. Vitamin C (Asam Askorbat)
     D. Folat (Asam Folat, Folasin).
     Glosarium
     Daftar Pustaka
Bab 7 Penyakit yang Berhubungan dengan Anemia
     A. Gangguan Menstruasi
     B. Wasir
     C. Peradangan pada Lambung
     D. Kanker Usus
     E. Efek samping obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS)
     Daftar Pustaka
Biografi Penulis