Tampilkan di aplikasi

Buku TOPAZART hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengembangan Educational Game

1 Pembaca
Rp 100.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 300.000 13%
Rp 86.667 /orang
Rp 260.000

5 Pembaca
Rp 500.000 20%
Rp 80.000 /orang
Rp 400.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri dalam pengembangan educational game untuk berbagai bidang seperti pendidikan, entertainment, dan lainnya. Pembelajaran dalam berbagai subjek, dengan menggunakan game tidak membosankan bagi siswa. Dengan menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan pembelajaran berbasis game. Buku ini berisi beberapa macam metode pengembangan game yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Di samping itu juga dibahas mengenai concept art, character design, serta pemrograman game.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ariesto Hadi Sutopo

Penerbit: TOPAZART
ISBN: 9786026510938
Terbit: Desember 2020 , 106 Halaman










Ikhtisar

Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri dalam pengembangan educational game untuk berbagai bidang seperti pendidikan, entertainment, dan lainnya. Pembelajaran dalam berbagai subjek, dengan menggunakan game tidak membosankan bagi siswa. Dengan menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan pembelajaran berbasis game. Buku ini berisi beberapa macam metode pengembangan game yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Di samping itu juga dibahas mengenai concept art, character design, serta pemrograman game.

Pendahuluan / Prolog

Pendahuluan
Game adalah aktivitas apa pun yang dilakukan dengan maksud hanya untuk kesenangan dan tanpa tujuan sadar. Dalam ini setiap kegiatan yang membawa kesenangan adalah permainan. Misalnya, orang menari, memainkan alat musik, berakting dalam drama, bermain dengan boneka dan lainnya.

Terdapat banyak definisi game, namun dalam buku ini, game yaitu permainan termasuk dalam kategori yang mencakup Catur, Morris 9 Man, Checkers, Halma, Go, Parchisi, Monopoly, Scrabble, Skat, Rummy, Bridge, Memory, Jack Straws, Domino, dan sebagainya. Game yang dimaksud tersebut adalah permainan dengan aturan (rulegame). (Kramer, 2019).

Penulis

Ariesto Hadi Sutopo - Ariesto Hadi Sutopo telah menjadi peneliti dengan pendekatan kualitatif dalam bidang multimedia dan teknologi pendidikan lebih dari sepuluh tahun.

Dia telah mengerjakan berbagai proyek interaktif untuk PC, Web, dan perangkat mobile. Ariesto menggunakan NVivo dalam mengolah data penelitian yang dilakukannya. Dia juga telah menjadi nara sumber pada pelatihan pengolahan data kualitatif di berbagai lembaga pemerintah, institusi, maupun perguruan tinggi. Sebagai seorang peneliti dan dan pengembang multimedia, Ariesto juga berpartisipasi di berbagai pertemuan nasional dan internasional yang diikuti oleh para praktisi, peneliti dan pendidik, mengelola untuk membantu timnya mencapai kesuksesan sambil bereksperimen dengan ide-ide baru.

Ariesto memulai karir sebgai praktisi multimedia menggunakan Adobe Flash dengan pemrograman ActionScript dan telah mahir dengan game engine seperti GameMaker Studio. Sering kali dia berbagi pengalamannya dengan pengembangan miltimedia dan pertemuan ilmiah melalui website pribadinya www.topazart.info.

Daftar Isi

Sampul
Daftar Isi
Bab 1. Pendahuluan
     A. Apakah Game?
     B. Komponen dan Aturan Game
     C. Kriteria yang Harus Dimiliki Game
          1. Aturan
          2. Tujuan
          3. Unik
          4. Kompetisi
     D. Kriteria Dasar Game
          1. Pengalaman umum
          2. Kesetaraan
          3. Kebebasan
          4. Aktivitas
     E. Macam Game
Bab 2. Educational Game
     A. Apakah Educational Game?
          1. Manfaat Educational Game
          2. Klasifikasi Educational Game
     B. Pengembangan Educational Game
     C. Evaluasi Educational Game
          1. Evaluasi Konten dan Strategi
          2. Evaluasi Media
          3. Evaluasi Teknologi
Bab 3. Pengembangan Game
     A. Metode Pengembangan
          1. The 7 Stages of Game Development
          2. Video Game Development Process
          3. Edugame Research & Development
          4. Edugame Development
          5. Game Development Life Cycle
     B. Tim Pengembang
Bab 4. Character Design
     A. Concept Art
          1. Sejarah
          2. Material
          3. Tema
          4. Style
          5. Spesialisasi
     B. Character Design
          1. Desain Karakter dan Psikologi
          2. Desain Karakter dan Seni
          3. Desain Karakter untuk Game
     C. Menggambar Karakter
     D. Animasi
          1. Traditional Animation
          2. 2D Animation
          3. 3D Animation
          4. Motion Graphics
          5. Stop Motion
     E. Level Design
Bab 5. Pemograman Game
     A. Pemrograman
     B. React Native
          1. Pengembangan Game
          2. Keterbatasan
     C. Unity
          1. Keuntungan
          2. Keterbatasan
     D. Godot
          1. Keuntungan
          2. Keterbatasan
     E. Construct
          1. Keuntungan
          2. Keterbatasan
     F. Phaser
          1. Pengembangan Game
          2. Keterbatasan
     G. Adobe Flash
          1. Pengembangan Game
          2. Keterbatasan
     H. GameMaker Studio
Daftar Istilah
Daftar Pustaka