Tampilkan di aplikasi

Buku TOPAZART hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengembangan Game dengan GameMaker Studio

1 Pembaca
Rp 112.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 337.500 13%
Rp 97.500 /orang
Rp 292.500

5 Pembaca
Rp 562.500 20%
Rp 90.000 /orang
Rp 450.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Anda dapat memainkan game berapa kali, dan tentu saja akan selalu berbeda. Juga, dengan setiap game tidak diketahui dan tidak pasti siapa yang akan memenangkan permainan. Ketidakpastian dan tidak diketahui itulah yang membuat game sangat menarik dan menyenangkan. GameMaker Studio adalah perangkat lunak aplikasi untuk pembuatan game 2D dengan standar profesional, Alur kerja umum dari GameMaker Studio sangat mudah dan dilakukan dengan menggunakan sprite, mengatur dunia game, dan sebagainya.

Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri dalam pengembangan game untuk berbagai bidang seperti pendidikan, entertainment, dan lainnya. Dengan menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan pengembangan game. Contoh-contoh dalam buku ini disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ariesto Hadi Sutopo

Penerbit: TOPAZART
ISBN: 9786239854805
Terbit: November 2021 , 256 Halaman










Ikhtisar

Anda dapat memainkan game berapa kali, dan tentu saja akan selalu berbeda. Juga, dengan setiap game tidak diketahui dan tidak pasti siapa yang akan memenangkan permainan. Ketidakpastian dan tidak diketahui itulah yang membuat game sangat menarik dan menyenangkan. GameMaker Studio adalah perangkat lunak aplikasi untuk pembuatan game 2D dengan standar profesional, Alur kerja umum dari GameMaker Studio sangat mudah dan dilakukan dengan menggunakan sprite, mengatur dunia game, dan sebagainya.

Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri dalam pengembangan game untuk berbagai bidang seperti pendidikan, entertainment, dan lainnya. Dengan menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan pengembangan game. Contoh-contoh dalam buku ini disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami

Pendahuluan / Prolog

Pengantar
Anda dapat memainkan game berapa kali, dan tentu saja akan selalu berbeda. Juga, dengan setiap game tidak diketahui dan tidak pasti siapa yang akan memenangkan permainan. Ketidakpastian dan tidak diketahui itulah yang membuat game sangat menarik dan menyenangkan. GameMaker Studio adalah perangkat lunak aplikasi untuk pembuatan game 2D dengan standar profesional. Alur kerja umum dari GameMaker Studio sangat mudah dan dilakukan dengan menggunakan sprite, mengatur dunia game, dan sebagainya.

Siapa yang Memerlukan Buku Ini? Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri dalam pengembangan game untuk berbagai bidang seperti pendidikan, entertainment, dan lainnya. Dengan menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan pengembangan game.

Apakah Isi Buku Ini? Buku ini merupakan panduan pengembangan game dengan GameMaker Studio untuk membuat game dua dimensi khususnya, serta multimedia dan grafik komputer pada umumnya. Contoh-contoh dalam buku ini disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami.

Sistematika Penulisan Buku Pembahasan dalam buku ini terdiri dari delapan bab dengan urutan yang diatur sistematis untuk mempermudah Anda mempelajarinya.

Bab 1. GameMaker Studio. Bab ini memperkenalkan pengetahuan dasar pemrograman menggunakan GameMaker Language yang sangat penting sebagai bahasa pemrograman yang menjadi kesatuan dalam GameMaker Studio.

Bab 2. Drag and Drop. Bab ini membahas bagaimana mudahnya membuat game menggunakan drag and drop, tanpa pemrograman.

Bab 3. GameMaker Language. Bab ini membahas bagaimana mudahnya membuat game menggunakan pemrograman GameMaker Language.

Bab 4. Game Maze. Dalam bab ini, Anda akan mempelajari cara membuat game menggunakan GameMaker Studio. Game yang Anda buat adalah game sederhana yaitu game labirin. Objek permainan adalah menggerakkan suatu objek melalui labirin untuk mencapai titik akhir.

Bab 5. Game Platformer. Dalam bab ini, Anda akan mempelajari cara membuat game platform adalah genre video game dan subgenre dari action game. Dalam platformer, pemain mengontrol karakter yang harus melompat, memanjat dan lari pada pembatasan platform dan harus menghindari rintangan.

Bab 6. Game Matematika. Anda akan mempelajari cara membuat game matematika untuk siswa sekolah dasar. Game pembelajaran ini diharapkan meningkatkan kemampuan siswa untuk mempelajari matematika, terutama mengenai bilangan.

Bab 7. Game Fifteen Puzzle. Anda akan mempelajari cara membuat game 15 Puzzle. Fifteen puzzle adalah puzzle geser yang memiliki 15 tile (ubin persegi)bernomor 1–15 dalam bingkai dengan tinggi 4 tile dan lebar 4 tile, menyisakan satu tile kosong.

Bab 8. Jigsaw puzzle. Anda akan mempelajari cara membuat Jigsaw puzzle. Jigsaw puzzle adalah sebuah game bongkar pasang berupa penyusunan kepingankepingan dengan beragam bentuk untuk membentuk suatu gambar yang utuh.

Bab 9. GameMemory. Anda akan mempelajari cara membuat Memory game. Memory game adalah game kartu di mana semua kartu terletak tertutup, dan dua kartu yag sama terbuka. Tujuan dari game ini adalah untuk menemukan pasangan kartu yang cocok.

Bab 10. Game Quiz1. Anda akan mempelajari cara membuat Game quiz. Quiz (kuis) adalah bentuk game atau olahraga pikiran di mana pemain berusaha menjawab pertanyaan dengan benar tentang subjek tertentu atau beragam.

Bab 11. Game Quiz2. Anda akan mempelajari cara membuat Game quiz dengan menampilkan pertanyaan yang acak, sehingga pemain tidak dapat menghafalkannya.

Bab 12. Publish Game. Anda akan mempelajari cara melakukan publikasi game ke format Android dan HTML5..

Untuk dapat memahami isi buku dan mencoba pemrograman sesuai panduan dalam buku ini, Anda dapat mengunduh perangkat lunak GameMaker Studio dari www.yoyogames.org. Sedangkan asset yang digunakan dapat diperoleh dengan mengunduh dari https://bit.ly/30g51xi.

Pembuatan game tidak lengkap jika tidak memahami konsep pengembangan game, seperti macam-macam metode yang dapat digunakan, kebutuhan tim pengembang dan pembuatan karakter. Anda dapat menggunakan buku “Pengembangan Educational Game” yang ditulis oleh penulis yang sama untuk mengetahui konsep tersebut.

Kami menyadari banyak kekurangan pada buku ini. Sangat kami harapkan kritik, saran dan gagasan dari rekan-rekan pemerhati serta pelaku pengembangan game, multimedia dan teknologi informasi. Kritik dan saran dapat disampaikan melalui e-mail dengan alamat: info@topazart.info Pemain dapat mencari bantuan yang berisi sumber referensi.

Penulis

Ariesto Hadi Sutopo - Ariesto Hadi Sutopo telah menjadi peneliti dengan pendekatan kualitatif dalam bidang multimedia dan teknologi pendidikan lebih dari sepuluh tahun.

Dia telah mengerjakan berbagai proyek interaktif untuk PC, Web, dan perangkat mobile. Ariesto menggunakan NVivo dalam mengolah data penelitian yang dilakukannya. Dia juga telah menjadi nara sumber pada pelatihan pengolahan data kualitatif di berbagai lembaga pemerintah, institusi, maupun perguruan tinggi. Sebagai seorang peneliti dan dan pengembang multimedia, Ariesto juga berpartisipasi di berbagai pertemuan nasional dan internasional yang diikuti oleh para praktisi, peneliti dan pendidik, mengelola untuk membantu timnya mencapai kesuksesan sambil bereksperimen dengan ide-ide baru.

Ariesto memulai karir sebgai praktisi multimedia menggunakan Adobe Flash dengan pemrograman ActionScript dan telah mahir dengan game engine seperti GameMaker Studio. Sering kali dia berbagi pengalamannya dengan pengembangan miltimedia dan pertemuan ilmiah melalui website pribadinya www.topazart.info.

Daftar Isi

Sampul
Pengantar
Penulis
Daftar Isi
Bab 1 GameMaker Studio
     A. Drag and Drop
     B. Membuat Action pada Block Code
     C. GameMaker Language
Bab 2 Drag and Drop
     A. Interaktif dengan Keyboard
     B. Membuat Komponen Game
     C. Menggerakkan Objek dengan Keyboard
     D. Gerakan Objek dengan Mouse
     E. Membuat Gravitasi
     F. Membuat Skor
     G. Membuat Button
Bab 3 GamemMaker Language
     A. Menggerakkan Objek
     B. Teks
     C. Button
     D. Audio
     E. Array
Bab 4 Game Maze
     A. Membuat Sprite
     B. Membuat Objek
     C. Membuat Event
     D. Membuat Room
Bab 5 Game Platformer
     A. Membuat Karakter
     B. Menggerakkan Objek, Tabrakan dan PengaruhGravitasi
     C. Membuat Animasi Objek
     D. Membuat Rintangan dan Sasaran
     E. Membuat Room Game Over
Bab 6 Game Matematika
     A. Pendahuluan
     B. Metode Penelitian
     C. Design
     D. Menyiapkan Sprite
     E. Membuat Room Awal
     F. Membuat Room Evaluasi
     G. Membuat Room Akhir
Bab 7 Puzzle Fifteen
     A. Membuat Sprite
     B. Membuat Objek
     C. Membuat Room
     D. Membuat Event
Bab 8 Puzzle Jigsaw
     A. Membuat Sprite
     B. Membuat Objek
     C. Membuat Room
     D. Membuat Timer dan Score
Bab 9 Game Memori
     A. Membuat Sprite
     B. Membuat Objek
     C. Membuat Room
     D. Membuat Timer dan Score
Bab 10 Game Kuis 1
     A. Membuat Sprite
     B. Membuat Room
     C. Membuat Objek
     D. Audio
Bab 11 Game Kuis 2
     A. Membuat Sprite
     B. Room Main
     C. Room Quiz
     D. Room Result
     E. Teks Eksternal
Bab 12 Publish Game
     A. Publish ke Platform Android
     B. Publish untuk Platform HTML5
Daftar Istilah
Daftar Pustaka