Tampilkan di aplikasi

Buku TOPAZART hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengembangan Game Si Pitung dengan GameMaker Studio

1 Pembaca
Rp 105.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 315.000 13%
Rp 91.000 /orang
Rp 273.000

5 Pembaca
Rp 525.000 20%
Rp 84.000 /orang
Rp 420.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Anda dapat memainkan game berapa kali, dan tentu saja akan selalu berbeda. Juga, dengan setiap game tidak diketahui dan tidak pasti siapa yang akan memenangkan permainan. Ketidakpastian dan tidak diketahui itulah yang membuat game sangat menarik dan menyenangkan. Beberapa macam metode pengembangan game yang dapat digunakan memiliki kesamaan yaitu analisis, design, produksi, launch, dan evaluasi.

Siapa yang Memerlukan Buku Ini? Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri dalam pengembangan educational game untuk berbagai bidang seperti pendidikan, entertainment, dan lainnya. Pembelajaran dalam berbagai subjek, dengan menggunakan game tersebut tidak membosankan bagi siswa. Dengan menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan pembelajaran berbasis game.

Apakah Isi Buku Ini? Buku ini merupakan panduan pengembangan game dengan tokoh Si Pitung. Game terdiri dari Collecting Game, Maze Game dan Platformer Game. Pembahasan meliputi desain dan implementasi pengembangan game. Fokus utama adalah pelaksanaan pembuatan game dengan GameMaker Studio.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ariesto Hadi Sutopo

Penerbit: TOPAZART
ISBN: 9786239285203
Terbit: Januari 2023 , 128 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Anda dapat memainkan game berapa kali, dan tentu saja akan selalu berbeda. Juga, dengan setiap game tidak diketahui dan tidak pasti siapa yang akan memenangkan permainan. Ketidakpastian dan tidak diketahui itulah yang membuat game sangat menarik dan menyenangkan. Beberapa macam metode pengembangan game yang dapat digunakan memiliki kesamaan yaitu analisis, design, produksi, launch, dan evaluasi.

Siapa yang Memerlukan Buku Ini? Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri dalam pengembangan educational game untuk berbagai bidang seperti pendidikan, entertainment, dan lainnya. Pembelajaran dalam berbagai subjek, dengan menggunakan game tersebut tidak membosankan bagi siswa. Dengan menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan pembelajaran berbasis game.

Apakah Isi Buku Ini? Buku ini merupakan panduan pengembangan game dengan tokoh Si Pitung. Game terdiri dari Collecting Game, Maze Game dan Platformer Game. Pembahasan meliputi desain dan implementasi pengembangan game. Fokus utama adalah pelaksanaan pembuatan game dengan GameMaker Studio.

Pendahuluan / Prolog

Pengantar
Anda dapat memainkan game berapa kali, dan tentu saja akan selalu berbeda. Juga, dengan setiap game tidak diketahui dan tidak pasti siapa yang akan memenangkan permainan. Ketidakpastian dan tidak diketahui itulah yang membuat game sangat menarik dan menyenangkan. Beberapa macam metode pengembangan game yang dapat digunakan memiliki kesamaan yaitu analisis, design, produksi, launch, dan evaluasi.

Siapa yang Memerlukan Buku Ini? Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri dalam pengembangan educational game untuk berbagai bidang seperti pendidikan, entertainment, dan lainnya. Pembelajaran dalam berbagai subjek, dengan menggunakan game tersebut tidak membosankan bagi siswa. Dengan menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan pembelajaran berbasis game.

Apakah Isi Buku Ini? Buku ini merupakan panduan pengembangan game dengan tokoh Si Pitung. Game terdiri dari Collecting Game, Maze Game dan Platformer Game. Pembahasan meliputi desain dan implementasi pengembangan game. Fokus utama adalah pelaksanaan pembuatan game dengan GameMaker Studio.

Sistematika Penulisan Buku Pembahasan dalam buku ini terdiri dari delapan bab dengan urutan yang diatur sistematis untuk mempermudah Anda mempelajarinya.

Bab 1. Pendahuluan. Bab ini mengantarkan pemahaman mengenai game.

Bab 2. Desain Game. Bab ini menjelaskan cara membuat desain game dengan GameMaker Studio. Game yang Anda buat adalah game sederhana yaitu collecting game, maze game dan platformer game.

vi Bab 3. Game Collecting. Bab ini membahas pembuatan collecting game dengan GameMaker Studio. Game ini adalah mengumpulkan object sebanyak-banyaknya.

Bab 4. Game Maze. Bab ini membahas pembuatan maze game dengan GameMaker Studio. Object permainan adalah menggerakkan object melalui labirin untuk mencapai titik akhir.

Bab 5. Game Platformer. Bab ini membahas pembuatan platformer game dengan GameMaker Studio. Object permainan adalah menggerakkan object dengan berjalan dan meloncat untuk mencapai titik akhir.

Bab 6. Timer, Score, dan Panduan. Bab ini membahas pembuatan timer dan score yang digunakan dalam game.

Untuk dapat memahami pemrograman GML yang digunakan, Anda dapat membaca dan mencoba buku “Pengembangan Game dengan GameMaker Studio” yang ditulis oleh penulis yang sama. Sedangkan asset yang digunakan pada pembahasan buku ini dapat diunduh pada https://bit.ly/3WBCj1v.

Penulis

Ariesto Hadi Sutopo - Ariesto Hadi Sutopo telah menjadi peneliti dengan pendekatan kualitatif dalam bidang multimedia dan teknologi pendidikan lebih dari sepuluh tahun.

Dia telah mengerjakan berbagai proyek interaktif untuk PC, Web, dan perangkat mobile. Ariesto menggunakan NVivo dalam mengolah data penelitian yang dilakukannya. Dia juga telah menjadi nara sumber pada pelatihan pengolahan data kualitatif di berbagai lembaga pemerintah, institusi, maupun perguruan tinggi. Sebagai seorang peneliti dan dan pengembang multimedia, Ariesto juga berpartisipasi di berbagai pertemuan nasional dan internasional yang diikuti oleh para praktisi, peneliti dan pendidik, mengelola untuk membantu timnya mencapai kesuksesan sambil bereksperimen dengan ide-ide baru.

Ariesto memulai karir sebgai praktisi multimedia menggunakan Adobe Flash dengan pemrograman ActionScript dan telah mahir dengan game engine seperti GameMaker Studio. Sering kali dia berbagi pengalamannya dengan pengembangan miltimedia dan pertemuan ilmiah melalui website pribadinya www.topazart.info.

Daftar Isi

Sampul
Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
     A. Apakah Game?
     B. Komponen dan Aturan Game
     C. Kriteria yang Harus Dimiliki Game
     D. Kriteria Dasar Game
     E. Macam Game
     F. Maze Game
     G. Platformer Game
Bab 2 Desain Game
     A. Metode Pengembangan
     B. Desain Game
     C. Pengembangan Game
Bab 3 Game Collecting
     A. Game Level 0
Bab 4 Game Maze
     A. Game Level 1
     B. Game Level 2
Bab 5 Game Platformer
     A. Membuat Sprite
     B. Menggerakkan Object dan Pengaruh Gravitasi
     C. Membuat Event
     D. Membuat Animasi Object
     E. Membuat Rintangan dan Sasaran
Bab 6 Tiner, Score, dan Panduan
     A. Membuat Timer dan Score
     B. Membuat Panduan
     C. Membuat Scene Pembukaan dan Penutup
     Daftar Istilah
     Daftar Pustaka