Tampilkan di aplikasi

Teknik memotret backlight melawan dengan flashlight

Majalah TPLUS - Edisi 86
22 Januari 2018

Majalah TPLUS - Edisi 86

Situasi yang paling sering kita temui saat pemotretan outdoor adalah berurusan dengan matahari.

TPLUS
Situasi yang paling sering kita temui saat pemotretan outdoor adalah berurusan dengan matahari. Trik yang sering dilakukan sang fotografer untuk menanggulangi matahari ialah menempatkan model agar cahayanya berdireksi dari belakang. Inilah situasi yang disebut backlight (backlit) dan flare cahaya yang bocor.

Ada 4 teknik fotografi yang berbeda, mulai dari segi ‘mood’ dan tentunya kita akan bisa menciptakan karya yang beragam dan unik. Hingga empat edisi kedepan kami akan membahas masalah backlight ini dan bagaimana solusinya.

Sering kita ingin berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah seperti lautan maupun pegunungan. Namun sering terjadi pemandangan yang akan kita jadikan latar belakang memiliki cahaya yang sangat kuat sehingga subject foto menjadi gelap atau backlight.

Jika Anda kesulitan mendapatkan detail subjek ketika menghadapi backlight matahari, salah satu cara yang paling ampuh adalah memanfaatkan lampu flash Flash atau sumber cahaya lain akan dimaksimalkan untuk menambah pencahayaan ke subjek dari arah depan, sehingga akan ter-ekspose dengan sempurna.

Teknik ini sangat cocok digunakan pada saat ingin menampakkan subject dan background sekaligus. Karenanya untuk hasil yang maksimal gunakanlah flashlight walaupun hanya flash bawaan kamera sebagai sarana untuk mengisi cahaya pada obyek yang membelakangi cahaya. Demikian tips edisi ini, selamat mencoba ya.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI